IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MODEL PBL UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN SISWA MEROKOK DI SMK NEGERI 12 SURABAYA

Authors

  • Rika Hari Retnowati SMK Negeri 12 Surabaya
  • Sri Sutriswati SMK Negeri 12 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bikotetik.v3n2.p45-49

Keywords:

Implementasi Bimbingan Kelompok, Metode PBL, Kebiasaan Siswa Merokok

Abstract

Era millennial merupakan era penuh tantangan bagi guru bimbingan konseling dalam menghadapi perilaku siswa yang beragam.  Perilaku siswa SMK yang paling muda kita temui yakni siswa yang telah terbiasa  dengan merokok, Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah implementasi bimbingan kelompok dengan metode Problem Based Learning dapat mengurangi kebiasaan merokok pada siswa. Subyek penelitian berjumlah 10 siswa Kelas XI jurusan Karya Kreatif Logam dan Perhiasan dengan metode pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi yang selanjutnya akan dianalisis menggunakan tindakan deskriptif kuantitatif dan analisis observasi. Hasil penelitian pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan metode pembelajaran problem based learning dapat mengurangi kebiasaan siswa merokok.

Downloads

Published

2020-01-25
Abstract views: 1051 , PDF Downloads: 1313