https://journal.unesa.ac.id/index.php/jbk/issue/feed Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik) 2023-11-26T07:28:06+07:00 Bakhrudin All Habsy jurnalbikotetik@unesa.ac.id Open Journal Systems <p><span class="tlid-translation translation" lang="en"><span title="">Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling; Teori dan Praktik) published by the Department of Guidance and Counseling, Faculty of Education, State University of Surabaya in collaboration with the</span></span> <a href="https://drive.google.com/file/d/0BzB4UF4WetA0LXVSOWItRzhrcWcwYkRlLXNzeG54X3owd3hV/view?usp=sharing" target="_blank" rel="noopener">Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN)</a></p> https://journal.unesa.ac.id/index.php/jbk/article/view/27984 Editorial Board 2023-11-26T06:52:58+07:00 admin bikotetik jurnalbikotetik@unesa.ac.id <p>EDITORIAL BOARD JURNAL BIKOTETIK</p> 2023-11-26T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jbk/article/view/26505 BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERCAPAIAN TUGAS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SMA 2023-10-20T21:22:13+07:00 Dwi Septia Resti dwiseptiaresti99@gmail.com Fuaddillah Putra dwiseptiaresti3@gmail.com Yasrial Chandra dwiseptiaresti3@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketercapaian tugas perkembangan peserta didik kelas XII IPA 1 SMA sebelum dan sesudah dilakukan layanan bimbingan kelompok, efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik <em>problem solving</em> dalam meningkatkan ketercapaian tugas perkembangan peserta didik di kelas XII IPA 1 SMA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas XII IPA 1 SMA berjumlah 33 orang dan sampel pada penelitian ini berjumlah 10 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik <em>nonprobability</em> <em>sampling</em>. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah inventori tugas perkembangan (ITP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ketercapaian tugas perkembangan peserta didik <em>pretest</em> sebelum dilakukannya layanan bimbingan kelompok berada pada tingkat “sadar diri (SDI)”, (2) ketercapaian tugas perkembangan peserta didik postest setelah dilakukannya layanan bimbingan kelompok berada pada tingkat “sadar diri (SDI) dan saksama (SAK), masih dikategorikan belum tercapai idealnya ketercapaian tugas perkembangan peserta didik di usia 15-18 tahun berada pada tingkat individualitas (IND), (3) terdapat efektifitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan ketercapaian tugas perkembangan peserta didik dengan kategori efektif.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Bimbingan Kelompok, <em>Problem Solving</em>, Siswa SMA</p> 2023-11-26T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jbk/article/view/26360 HUBUNGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA TERHADAP GURU DI SMP 2023-10-20T21:47:03+07:00 Wirda Rahmatillah wirdarahmatillah19@gmail.com Akmal Sutja wirdarahmatillah19@gmail.com Affan Yusra wirdarahmatillah19@gmail.com <p>Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi, yang menjelaskan bagaimana hubungan antar dua variabel, penelitan ini membahas masalah-masalah terkait sopan santun siswa terhadap guru, sopan santun siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya faktor eksternal karena adanya oleh siswa, salah satunya yaitu adanya konformitas teman sebaya. tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kualitas sikap sopan santun siswa terhadap guru dan konformitas teman sebaya dan mengungkapkan hubungan antara konformitas teman sebaya dan sikap sopan santun siswa terhadap guru. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket yang terdiri dari angket untuk dua variabel. Adapun untuk penarikan sampel menggunakan teknik <em>Total Sampling</em>, Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 70 orang siswa kelas VII tahun ajaran 2022/2023 SMP. Penelitian ini menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konformitas teman sebaya memiliki persentase sebesar 73% sedangkan sikap sopan santun siswa terhadap guru 53%. uji hipotesis m,nunjukkan analisis korelasi kedua variabel tersebut adalah r = 0.525. terdapat terdapat hubungan positif signifikan konformitas teman sebaya dengan sikap sopan santun siswa terhadap guru dan termasuk ke dalam korelasi 0.41-0.70 yang artinya korelasi sedang :hubungan memadai. Berdasarkan hasil penelitian, Peneliti memberikan saran untuk Guru BK dapat membuat program tentang layanan konseling dalam rangka mengedukasi siswa terkait konformitas teman sebaya serta sikap sopan santun.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Konformitas Teman Sebaya, Sopan Santun Siswa Terhadap Guru. </p> 2023-11-26T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jbk/article/view/26310 PENGEMBANGAN MODUL LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN KONSELING PENCEGAHAN PERILAKU PACARAN PESERTA DIDIK MTs 2023-10-20T20:51:45+07:00 Samhah Samhah samhahfuady78@gmail.com Mustaji Mustaji samhahfuady78@gmail.com Retno Danu Rusmawati samhahfuady78@gmail.com <p>Penelitian pengembangan produk model Dick &amp; Carey dilakukan untuk menghasilkan produk modul layanan informasi bimbingan dan konseling berbentuk buku bertujuan mencegah perilaku pacaran peserta didik MTs. Menggunakan instrumen yaitu studi literatur, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data dengan menghitung prosentase keseluruhan subyek uji. Hasil penelitian adalah tersedianya modul layanan informasi bimbingan dan konseling dengan materi pencegahan perilaku pacaran bagi peserta didik MTs. Modul teruji oleh ahli materi, media, desain dinyatakan sangat baik dengan hasil 87,04%, 80,26%, 92,05%. Modul teruji oleh praktisi, kelompok kecil, kelompok besar dinyatakan sangat tepat dengan hasil 99%, 92,8%, 89,81%. Hasil penilaian subyek uji keseluruhan diperoleh prosentase 90,05%. Saran bagi guru bimbingan konseling digunakan untuk mempermudah melaksanakan layanan bimbingan informasi, agar peserta didik terhindar perilaku pacaran. Bagi madrasah, diharapkan memperkaya media bimbingan yang ada. Bagi penelitian selanjutnya modul ini dijadikan motivasi mengembangkan bahan ajar lain yang sesuai, sebagai acuan dan referensi untuk penelitian sebaiknya memberikan tampilan grafis lebih baik</p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Modul bimbingan konseling, pencegahan, perilaku pacaran</p> 2023-11-26T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jbk/article/view/25712 DAMPAK PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK PADA PERUBAHAN KARAKTER TINDAK TUTUR SISWA 2023-10-18T22:51:24+07:00 Andi Widya Ningrum ningrumwidya599@gmail.com Andi Nurhayati andiwidyaningrum@student.umpalopo.ac.id Marhani Marhani andiwidyaningrum@student.umpalopo.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penggunaan aplikasi Tiktok pada perubahan karakter tindak tutur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara terhadap penggunaan aplikasi Tiktok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan karakter yang didapatkan siswa SMP, menggunakan aplikasi Tiktok untuk hal yang positif dan negatif, bisa dilihat dari video yang mereka tonton dan <em>upload</em>. Rata- rata siswa menggunakan aplikasi Tiktok untuk menonton video tentang edukasi pelajaran. Namun dari segi negatifnya, mereka juga suka meniru sesuatu yang <em>viral</em> di tiktok. Temuan penelitian ini dapat berkontribusi pada pengembangan teori komunikasi dan pemahaman tentang dampak aplikasi media sosial pada cara kita berinteraksi dan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Pera Guru Bimbingan dan konseling terhadap terhadap penggunaan tiktok, dapat bermanfaat bagi siswa sebagai penggunaan media layanan sehingga dapat meningkatkan semangat dan kreatifitas pada siswa.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> TikTok media sosial, Tindak tutur, Karakter, Perubahan, komunikasi</p> 2023-11-26T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2023