BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERCAPAIAN TUGAS PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bikotetik.v7n02.p95-103Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketercapaian tugas perkembangan peserta didik kelas XII IPA 1 SMA sebelum dan sesudah dilakukan layanan bimbingan kelompok, efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik problem solving dalam meningkatkan ketercapaian tugas perkembangan peserta didik di kelas XII IPA 1 SMA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas XII IPA 1 SMA berjumlah 33 orang dan sampel pada penelitian ini berjumlah 10 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik nonprobability sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah inventori tugas perkembangan (ITP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ketercapaian tugas perkembangan peserta didik pretest sebelum dilakukannya layanan bimbingan kelompok berada pada tingkat “sadar diri (SDI)”, (2) ketercapaian tugas perkembangan peserta didik postest setelah dilakukannya layanan bimbingan kelompok berada pada tingkat “sadar diri (SDI) dan saksama (SAK), masih dikategorikan belum tercapai idealnya ketercapaian tugas perkembangan peserta didik di usia 15-18 tahun berada pada tingkat individualitas (IND), (3) terdapat efektifitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan ketercapaian tugas perkembangan peserta didik dengan kategori efektif.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Problem Solving, Siswa SMA
Downloads
Published
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)