PERKEMBANGAN IMPLEMENTASI BERDIFERENSIASI DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Authors

  • Widya Nurani Indah Pangestuti Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fitriana Universitas PGRI Semarang
  • Ardian Wahyu Nirmala SMAN 11 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.26740/bikotetik.v7n02.p111-119

Abstract

Setiap individu memiliki keunikan yang membedakan satu sama lain, dan hal ini berlaku pula untuk siswa di dalam kelas. Kebutuhan siswa sangat bervariasi dan kompleks, dan guru selalu dihadapkan pada berbagai tantangan selama proses pengajaran. Penelitian systematic literature review ini bertujuan untuk memperdalam perkembangan implementasi berdiferensiasi dalam layanan bimbingan dan konseling Penelitian dengan berbagai topik telah menunjukkan implementasi praktis dari berdiferensiasi dalam layanan bimbingan dan konseling. Ini mencakup peningkatan kedisiplinan, pemahaman pernikahan usia dini, komunikasi siswa, pengembangan materi bimbingan dan konseling, serta peningkatan konsentrasi belajar siswa. Guru bimbingan dan konseling memainkan peran penting dalam membantu siswa mengidentifikasi potensi dan minat mereka, memastikan penempatan yang sesuai, dan memberikan layanan berkualitas.

Kata Kunci: Diferensiasi, Bimbingan dan Konseling

Downloads

Published

2023-11-26
Abstract views: 97 , PDF Downloads: 193