Dampak Negatif Online Game terhadap Remaja

Authors

  • Nanang Masrur Habibi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bikotetik.v6n1.p30-35

Keywords:

online games, negative impact, adolescents

Abstract

Abstrak

Kecanggihan teknologi saat ini mengakibatkan hampir semua aktifitas terkait dengan internet, termasuk dalam hiburan. Online game adalah salah satu hiburan yang sangat disukai oleh remaja untuk mengurangi rasa penat dan stres. Jika aktifitas ini berlebihan akan mengakibatkan adiksi yang berdampak negatif bagi kehidupan remaja. Tujuan tulisan ini adalah untuk mendiskusikan apa saja dampak negatif online game bagi remaja dari berbagai artikel ilmiah yang diterbitkan di Indonesia. Penelitian ini  menggunakan metode studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dicari dan di download melalui google scholar untuk mengidentifikasi artikel ilmiah yang berkaitan dengan dampak negatif online game terhadap remaja. Kata kunci kombinasi “dampak online game” dan “remaja” digunakan untuk mengidentifikasi artikel terkait. Kriteria berikut digunakan untuk memilih artikel yang relevan: (1) Tulisan berasal dari artikel dalam Jurnal Ilmiah; (2) diterbitkan di Indonesia; (3) diterbitkan antara tahun 2016 sampai 2021; dan (4) Kajian yang menjelaskan tentang dampak online game terhadap remaja. Artikel dalam Jurnal Ilmiah yang disajikan dalam Bahasa selain Indonesia dan yang tidak dapat diakses tidak dimasukkan dalam tinjauan. Pencarian dengan kata kunci di atas menghasilkan 43 artikel dari Jurnal Ilmiah dan 18 artikel ilmiah yang relevan dan sesuai kriteria untuk ditinjau sesuai tujuan tulisan ini. Dampak online game yang dibahas dalam artikel ilmiah dalam aspek kesehatan 1(5,6%) artikel, aspek psikologis 6 (33,3%) artikel, aspek akademik 4 (22,2%) artikel, aspek hubungan sosial 5 (27,8%) artikel, dan aspek keuangan 2 (11,1%) artikel. Obyek kajian teratas tentang dampak online game pada aspek psikologis, diikuti aspek hubungan sosial, aspek akademik, aspek keuangan dan terakhir aspek kesehatan. Atas dasar temuan tersebut direkomendasikan alternatif upaya preventif dan kuratif dalam menaggulangi adiksi online game di umuran remaja serta melakukan kajian tentang dampak negatif online game pada anak-anak dan mahasiswa).

Kata Kunci: online game, dampak negatif, remaja

Author Biography

Nanang Masrur Habibi, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa Pasca Sarjana Unesa Jurusan S2 Bimbingan dan Konseling

References

<p>Akbar, H. (2020). Penyuluhan Dampak Perilaku Kecanduan Game Online Terhadap Kesehatan Remaja di SMA Negeri 1 Kotamobagu. <em>Community Engagement &amp; Emergence Journal</em>, <em>1</em>, 4247. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:UwSe7BcaIl0J:https://journal.yrpipku.com/index.php/ceej/article/download/108/71+&amp;cd=4&amp;hl=id&amp;ct=clnk&amp;gl=id</p><p> </p><p>Amanda, R. A. (2016). Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Agresif Remaja di Samarinda. <em>Journal Ilmu Komunikasi</em>, <em>4</em>(3), 290304.</p><p> </p><p>Anjasari, Eka Arista Srinadi, I. G. A. M., &amp; Nilakusumawati, D. P. E. (2020). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Terhadap Interaksi Sosial Pada Remaja. <em>E-Jurnal Matematika</em>, <em>9</em>(3), 177. https://doi.org/10.24843/mtk.2020.v09.i03.p296</p><p> </p><p>Ariantoro, T. R. (2016). Dampak Game Online terhadap Prestasi Belajar Pelajar. <em>Jutim</em>, <em>1</em>(1), 2016.</p><p> </p><p>Febriandari, D., Nauli, F. A., &amp; Rahmalia, S. (2016). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online terhadap Identitas Diri Remaja. <em>Jurnal Keperawtan Jiwa</em>, <em>4</em>(1), 5056.</p><p> </p><p>Firdaus, Y. et al. (2018). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Pengguna Game Online. <em>Jurnal Riset Terapan Akuntansi</em>, <em>3</em>(Manajemen Aset Bagi Optimalisasi Pengelolaan Aset Tetap), 4051. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/jrtap/issue/view/318</p><p> </p><p>Fitri, E., Erwinda, L., &amp; Ifdil, I. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja serta Peran Bimbingan dan Konseling. <em>Jurnal Konseling Dan Pendidikan</em>, <em>6</em>(2), 211219. https://doi.org/10.29210/127200</p><p> </p><p>Fransisco Paul Kusoy, Mardan Umar, J. A. R. (2020). Dampak Negatif Game Online Terhadap Karakter Disiplin Siswa di SMP Katolik Don Bosco Bitung. <em>Jurnal PPKn: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan</em>, 716.</p><p> </p><p>Hermawan, E., &amp; Pasundan, U. (n.d.). <em>Artikel Kecanduan Game Digital Online¯: Memahami Dampak Kecanduan Game Online Terhadap</em>. <em>2</em>(1), 149162.</p><p> </p><p>Hurlock, E. B. (2010). <em>Psikologi Perkembangan Jilid 2 edisi 6</em>. Jakarta: Penerbit Erlangga.</p><p> </p><p>Ismi, N., &amp; Akmal, A. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. <em>Journal of Civic Education</em>, <em>3</em>(1), 110. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.304</p><p> </p><p>Johan, R. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Untuk Belajar Peserta Didik Kelas X Di Ma Al Hidayah Depok. <em>Research and Development Journal of Education</em>, <em>5</em>(2), 12. https://doi.org/10.30998/rdje.v5i2.3748</p><p> </p><p>King, D., &amp; Delfabbro, P. (2018). <em>Internet Gaming Disorder: Theory, Assessment, Treatment, and Prevention</em>. Academic Press.</p><p> </p><p>Masya, H., &amp; Candra, D. A. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online pada Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih Tahun Pelajaran 2015/2016. <em>KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal)</em>, <em>3</em>(2), 97112.</p><p> </p><p>Nisrinafatin. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. <em>Jurnal Edukasi Nonformal</em>, 115122.</p><p> </p><p>Putri, R. C. S., Budiyono, &amp; Kokotiasa, W. (2021). Dampak Game Online Mobile Legends terhadap Perilaku Remaja. <em>Antropocene¯: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora</em>, <em>1</em>(1), 17. https://journal.actual-insight.com/index.php/antropocene/article/view/16</p><p> </p><p>Santoso dan Purnomo. (2017). Hubungan Kecanduan Game Online terhadap Penyesuaian Sosial Pada Remaja. <em>Humaniora</em>, <em>4</em>(1), 2744.</p><p> </p><p>Santrock, J. W. (2007). Remaja edisi 11 jilid 1. <em>Jakarta: Erlangga</em>.</p><p> </p><p>Suplig, M. A. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar. <em>Jurnal Jaffray</em>, <em>15</em>(2), 177. https://doi.org/10.25278/jj71.v15i2.261</p><p> </p><p>Ulfa, M. (2017). Effect of Addiction Online Game Center. <em>Jom. Fisip</em>, <em>4</em>(1), 113.</p><p> </p><p>Utami, T. W., &amp; Hodikoh, A. (2020). Kecanduan Game Online Berhubungan Dengan Penyesuaian Sosial Pada Remaja. <em>Jurnal Keperawatan</em>, <em>12</em>(1), 1722.</p><p> </p><p>Yanti, N. F., Marjohan, M., &amp; Sarfika, R. (2019). Tingkat Adiksi Game Online Siswa SMPN 13 Padang. <em>Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi</em>, <em>19</em>(3), 684. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i3.756</p><p> </p>

Downloads

Published

2022-10-05
Abstract views: 3118 , PDF Downloads: 2437