Hubungan Resiliensi Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa

Penulis

  • Fuadil Munawwar Syam UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Fadhilla Yusri UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.26740/bikotetik.v7n1.p56-62

Abstrak

Resiliensi diri merupakan kemampuan yang dimiliki oleh individu untuk bangkit kembali menghadapi permasalahan yang memberiken tekanan, begitupun dalam pelaksanaan kegiatan akademis siswa pasti akan mendapati tekanan dalam menjalankan tugasnya dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara resiliensi diri dengan prestasi bealajar siswa. Penelitian ini menggunakan meode kuantitatif korelasional. Berdasarkan penelitain yang dilakukan di temukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan diantara keduanya yang terlihat dari perolehian nilai hasil uji korelasi Product moment sebesar 0,526 dimana hasil tersebut lebih besar dari rtabel yakni 0,215. Serta terdapat hubungan positif antara resiliensi diri dengan prestasi belajar siswa dimana besar hubungan resiliensi dan prestasi belajar sebesar 27,67%.

Kata Kunci: Resiliensi, Prestasi Belajar.

Diterbitkan

2023-05-06

Cara Mengutip

Syam, F. M., & Yusri , F. (2023). Hubungan Resiliensi Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 7(1), 56–62. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v7n1.p56-62
Abstract views: 549 , PDF Downloads: 1072