RESILIENSI DENGAN ORIENTASI KARIER PESERTA DIDIK SMK
DOI:
https://doi.org/10.26740/bikotetik.v7n02.p168-173Abstract
Pendidikan adalah suatu tanda bahwa individu telah menguasai ilmu yang telah mereka pelajari dan dapat dipergunakan sebagai bekal untuk membangun karier. Orientasi karier adalah tindakan pengambilan keputusan terhadap pilihan pendidikan dan pekerjaan lebih lanjut yang ditunjukan dengan pemahaman diri, tujuan yang jelas, pencarian sumber informasi yang selaras, pertimbangan peluang dan perencanaan masa yang akan mendatang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Hubungan Resiliensi dengan Orientasi Karier Peserta Didik SMK. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sampel 22 orang dan dianalisa menggunakan rumus koefisien Kolerasi dengan mencari r product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel resiliensi memiliki skor rata-rata 68,05 yang berarti pada kategori sedang dan variabel orientasi karier memiliki skor rata-rata 83,09 yang berarti pada kategori sedang. Sedangkan pada hubungan kedua variabel terhadap peserta didik memiliki nilai sebesar 0,00 yang berarti uji hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara Resiliensi dengan Orientasi Karier peserta didik SMK.
Kata Kunci: Resiliensi, Orientasi Karier
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

