TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIER SISWA SMK

Authors

  • Muhammad Zaini Universitas Islam Jember
  • Yurike Kinanthy Karamoy Universitas Islam Jember
  • Fakhruddin Mutakin Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/bikotetik.v7n02.p174-180

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat merupakan tempat atau bagian dari komponen untuk mengasah keterampilan dalam rangka mempersiapkan diri untuk studi lanjut, bekerja dan berkarier. Peneliti melakukan observasi di kelas XI AP SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik homeroom untuk meningkatkan kematangan karier siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pra-eksperimen (pre-experimental design). Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan bimbigan kelompok homerome efektif apabila dilakukan. Hal ini terlihat dari para siswa yang menjadi responden penelitian. Mereka sangat antusias dan sangat menerima adanya kegiatan serta mampu berdinamika kelompok dengan baik. Para siswa yang menjadi responden atau yang tergabung dalam anggota kelompok mampu berdiskusi secara tertib mampu membangun hubungan antar anggota kelompok dengan baik dan mampu mengelola kelompok dengan baik. Selain itu kegiatan juga membuahkan hasil, didalam hal ini yakni meningkatnya kematangan karier  yang dialami oleh siswa.

Kata Kunci: Teknik Homeroom, Kematangan Karier

Downloads

Published

2023-11-26
Abstract views: 71 , PDF Downloads: 138