Perilaku Membolos Di Sekolah Terhadap Performa Belajar Pada Siswa

Authors

  • Maryam Qothrunnada Santoso Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Syifa Tiara Kusuma Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Gita Aulia Nurani Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/bikotetik.v7n1.p63-68

Abstract

Perilaku membolos merupakan perilaku dimana siswa tidak menghadiri pembelajaran yang ada di sekolah dan tentunya hal ini membuat resah jika hal tersebut sampai berdampak negatif untuk siswa dan juga pihak sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pengaruh pengaruh perilaku membolos sekolah terhadap performa belajar siswa. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menggunakan 12 artikel ilmiah yang membahas terkait perilaku membolos dan performa belajar. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku membolos berpengaruh pada performa pembelajaran siswa, yaitu yaitu diberi sanksi, skorsing, tidak dapat melakukan ujian akhir, juga menurunnya skor akademik dari siswa tersebut, bahkan sampai dikeluarkan dari sekolah. Perilaku bolos sekolah dapat diatasi dengan berbagai macam cara, salah satunya yaitu konseling oleh guru bimbingan dan konseling yang berpengalaman atau oleh konselor.

Kata Kunci: Performa Belajar, Perilaku Membolos.

Downloads

Published

2023-05-06
Abstract views: 571 , PDF Downloads: 636