Eksplorasi Komitmen Karier Guru
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptt.v14n1.p141-152Keywords:
Komitmen, efikasi diri dalam keputusan karier, GuruAbstract
Komitmen karier mengacu pada sikap individu terhadap karier yang dimiliki, termasuk kesediaan dan antusiasme bekerja dalam kapasitas tertentu. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa komitmen karier mengarah ke kinerja yang lebih baik, mengurangi tingkat pergantian pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi komitmen karier pada guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dan pengumpulan data dilakukan melalui skala komitmen karier. Responden penelitian merupakan 191 guru. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar skor komitmen karier guru termasuk dalam kategori sangat tinggi dan tinggi. Hasil analisis lebih lanjut bahwa terkait jenis kelamin menunjukkan bahwa guru perempuan memiliki skor komitmen karier yang lebih tinggi dibandingkan guru laki-laki. Berdasarkan masa kerja menunjukkan bahwa guru dengan masa kerja lebih dari 20 tahun memiliki skor komitmen karier yang lebih tinggi dibandingkan kelompok guru dengan masa kerja lebih dari sepuluh tahun dan kurang dari sepuluh tahun.
References
Arora, R., & Rangnekar, S. (2016). The interactive effects of conscientiousness and agreeableness on career commitment. Journal of Employment Counseling, 53. Retrieved from https://psycnet.apa.org/doi/10.1002/joec.12025
Azim, M., & Islam, M. (2018). Social Support, Religious Endorsement, and Career Commitment: A Study on Saudi Nurses. Behavioral Sciences, 8(1), 8. https://doi.org/10.3390/bs8010008
Bramasta, D. B. (2022, Januari 19). Pemerintah Pastikan Tidak Ada Rekrutmen CPNS pada 2022, Apa Alasannya? Kompas.Com. Retrieved from https://amp.kompas.com/tren/read/2022/01/19/073000465/pemerintah-pastikan-tidak-ada-rekrutmen-cpns-pada-2022-apa-alasannya-
Chang, P. C., Rui, H., & Wu, T. (2021). Job Autonomy and Career Commitment: A Moderated Mediation Model of Job Crafting and Sense of Calling. SAGE Open, 11(1). https://doi.org/10.1177/21582440211004167
Collie, R. J., Shapka, J. D., & Perry, N. E. (2011). Predicting Teacher Commitment: The Impact of School Climate and Social-Emotional Learning. Psychology in the Schools, 48(10). http://dx.doi.org/10.1002/pits.20611
Hakiki, B. (2021, November 25). Demonstrasi Guru di Bandung Menuntut Diangkat Menjadi PNS. BandungBergerak.Id. Retrieved from https://bandungbergerak.id/article/detail/1800/demonstrasi-guru-di-bandung-menuntut-diangkat-menjadi-pns
Hu, D. (2022). The Relationship Between Psychological Capital and Teacher Career Commitment in Ethnic Areas of China: The Mediating Effects of Gratitude and Career Well-Being. Frontiers in Psychology, 12(Query date: 2022-11-15 19:38:36). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.818274
Ingarianti, T. M. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Komitmen Karier. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 5(2), 202. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jipt.v5i2.4935
Irina, S., & Riasnugrahani, M. (2022). Panggilan, komitmen karier, dan keterikatan kerja pada guru Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Psikologi Ulayat. https://doi.org/10.24854/jpu549
Mustaghfiroh, M., Ariyanti, N. S., Adha, M. A., & Sultoni, S. (2020). Upaya Peningkatan Komitmen Kerja Guru Bidang Studi (Studi Kasus di SMK Riyadlul Quran Kabupaten Malang). Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 22. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p22-28
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Tresi, D. G., & Miheli?, K. K. (2022). Career identity, career commitment, and self-efficacy: The role of gender and family characteristics. The Irish Journal of Management, 0(0). https://doi.org/10.2478/ijm-2022-0006
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. (n.d.). Retrieved November 11, 2022, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

