EFEKTIVITAS PENERAPAN TERAPI PERMAINAN SOSIALISASI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU IMPULSIF PADA ANAK DENGAN ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVE DISORDER (ADHD)

Authors

  • Deyla Erinta Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya
  • Meita Santi Budiani Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptt.v3n1.p67-78

Keywords:

Terapi permainan sosialisasi, perilaku impulsif, anak ADHD

Abstract

The purpose of this study was to examine the effectiveness of socialization play therapy to reducing impulsive behavior in children. The research subjects are kinder garten students in SLB N Gedangan Sidoarjo. This study used a quantitative method along with Quasi experiment design with the type of Time Series Design. Purposive sampling techniques was used to collect the research  subjects that has the characteristics of subjects with ADHD. Data collection method used Rating scale of impulsive behavior children with ADHD and using Wilcoxon signed rank test. The result of data  analysis obtained P-value or sig at 0,043 with α = 0,05. It means that H0 is rejected and this the H1 accepted. It can be concluded that the application of socialization play therapy is effective to reduce impulsive behavior in children with ADHD on SLB N Gedangan Sidoarjo.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa efektif terapi permainan sosialisasi dalam menurunkan perilaku impulsif pada anak ADHD. Subjek penelitian adalah siswa TK di SLB N Gedangan, Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi Eksperiment dengan jenis Time Series Design. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yakni subjek yang memiliki karakteristik subjek yang mengalami ADHD. Pengumpulan data menggunakan rating scale perilaku impulsif pada anak ADHD dan menggunakan Wilcoxon sign rank test. Hasil analisis data diperoleh nilai P - value atau sig sebesar 0,043 dengan taraf α = 0,05. Artinya H0 ditolak dan hal ini menunjukkan bahwa H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan terapi permainan sosialisasi efektif untuk menurunkan perilaku impulsif pada anak ADHD di SLB N Gedangan, Sidoarjo.           

References

Arikunto, S. (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Veskarisyanti, G. A. (2008). 12 Terapi Autis. Yogyakarta: Pustaka Anggrek.

Barkley, R. A. (1997). Behavioral inhibition, sustained attention, & executive functions: constructing a unifying theory of ADHD. Psychological Bulletin, 121:1, 65-94.

Chusairi, Ahmad. (2006). Efektivitas Terapi Bermain Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Sosial Anak Dengan Gangguan Autis. Surabaya: UNAIR.

Djarwanto. (2009). Statistik Non Parametrik. Yogyakarta: BPFE.

Dolphio, Bandi. (2009). Layanan Perilaku Anak Hiperaktif. Sleman: PT Intan Sejati Klaten.

Nevid, S., dkk. (2005). Psikologi Abnormal. Erlangga.
Puspandita, Rianti. (2010). Psikologi Anak Khusus. (http://riantipuspaandita.wordpress.com/ category/psikologi-anak-khusus/page/6/, diakses pada 16 Juni 2011).

Santrock, W. (1995). Life-Span Development. Erlangga.

Somantri, Sutjihati. (2006). Psikologi Luar Biasa. PT. Refika Aditama.

Downloads

Published

2012-08-18

How to Cite

Erinta, D., & Budiani, M. S. (2012). EFEKTIVITAS PENERAPAN TERAPI PERMAINAN SOSIALISASI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU IMPULSIF PADA ANAK DENGAN ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVE DISORDER (ADHD). Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 3(1), 67–78. https://doi.org/10.26740/jptt.v3n1.p67-78
Abstract views: 6540 , PDF Downloads: 13809

Most read articles by the same author(s)

> >>