Harga Diri dan Konformitas dengan Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Smartphone pada Siswa

Authors

  • Isti Alfiah Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya
  • Meita Santi Budiani Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptt.v5n1.p15-22

Keywords:

Harga diri, konformitas, pengambilan keputusan pembelian

Abstract

This study was aimed to determine the relationship between self-esteem and conformity along with purchase Smartphone decisions on students of SMAN œX Surabaya. The method used were quantitative research methods. Subjects of this research were 223 students who use Smartphone products. Sample were choosen by using a stratified random sampling technique. The data analysis technique used are simple correlation, multiple correlation and multiple regression. The results of this study shows that: 1) There is a positive and significant relationship between self-esteem and purchase decisions. As evidenced, the result of correlation coefficient (R) is 0,200 with significance value of 0,003 (p < 0,05), 2) There is a positive and significant relationship between conformity and purchase decisions. As evidenced, the result of correlation coefficient (R) is 0,286 with significance value of 0,000 (p < 0,05), 3) There is a positive and significant relationship between self-esteem and conformity along with Smartphone product purchase decisions on students of SMAN œX  in Surabaya, indicated by the correlation coefficient of 0,366 and the value of F > Ft at significance level of 5% is 16,75 > 3,04. Contribution of self-esteem and conformity variables in predicting the purchase decision of 13.4 %, so 86.6 % is influenced by other factors.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan konformitas bersama-sama dengan pengambilan keputusan pembelian produk Smartphone pada siswa di SMAN œX Surabaya.Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif.Subyek penelitian adalah 223 siswa yang menggunakan produk Smartphone. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana, korelasi ganda dan regresi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara harga diri dengan pengambilan keputusan pembelian, terbukti dari koefisien korelasi (R) yang dihasilkan adalah 0,200 dengan nilai signifikansi 0,003 (p < 0,05), 2. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara konformitas dengan pengambilan keputusan pembelian, terbukti dari koefisien korelasi (R) yang dihasilkan adalah 0,286 dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), 3. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara harga diri dan konformitas secara bersama-sama dengan pengambilan keputusan pembelian produk Smartphone pada siswa di SMAN œX Surabaya, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,366 dan nilai F > Ft pada taraf signifikansi 5% yaitu 16,75 > 3,04. Sumbangan variabel harga diri dan konformitas dalam memprediksi pengambilan keputusan pembelian sebesar 13,4%, sehingga 86,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Djiwandono, S., E., W. (2002). Psikologi Pendidikan (Rev-2). Jakarta: Grasindo.

Heriyanto, Trisno. (2012). Android Tekuk Blackberry di Indonesia. Diakses dari inet.detik.com pada tanggal 5 Oktober 2012

Intana, Lila. (2012). Tahun Ini Pengguna Smartphone Naik 3 Kali Lipat. Diakses dari swa.co.id pada tanggal 5 Oktober 2012

Martono, Nanang. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Myers, D., G. (2012). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Santrock, J., W. (2007). Remaja Edisi kesebelas. Jakarta: Penerbit Erlangga

Simamora, Bilson. (2001). Memenangkan pasar: Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. (2011). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suryani, Tatik. (2008). Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi
Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Timorora, S., P., Hartati, S., & Fauziah, N. (2012). Hubungan Antara Self Esteem Dengan Penyesuaian Diri pada Siswa Tahun Pertama SMA Krista Mitra Semarang. Jurnal Psikologi, 1 (1), 47-82.

Utomo, H,., D. (2012). Pengertian Smartphone dan Ciri-cirinya. Diakses dari www.tahuinfo.com pada tanggal 5 Oktober 2012.

Downloads

Published

2014-08-19

How to Cite

Alfiah, I., & Budiani, M. S. (2014). Harga Diri dan Konformitas dengan Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Smartphone pada Siswa. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 5(1), 15–22. https://doi.org/10.26740/jptt.v5n1.p15-22
Abstract views: 1380 , PDF Downloads: 1743

Most read articles by the same author(s)

> >>