The Influence Authentic Leadership on Affective Commitment of Members at the One Indonesian Charity Institution

Authors

  • Silvia Anggraini Ana Sandi Department of Islamic Psychology, Raden Fatah State Islamic University
  • Ema Yudiani Department of Islamic Psychology, Raden Fatah State Islamic University

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptt.v16n02.p98-104

Keywords:

Affective commitment, authentic leadership, members

Abstract

Background: Human Resource Management (HRM) is still a challenge for companies and organizations, one of which is to increase organizational commitment to members which has an impact on competitive advantage where the role of leaders is needed to increase commitment to members. Objective: This research investigates how authentic leadership influences members' affective commitment at a charitable institution in Indonesia. Method: This study employed a quantitative approach using simple linear regression analysis with IBM SPSS version 23. The sample consisted of 110 active members from a population of 163, determined using the Isaac and Michael table at a 5% significance level. Variables were measured using authentic leadership and affective commitment scales. Results: Hypothesis testing there is an effect of authentic leadership on affective commitment with a regression coefficient value (R = 0.780) with a significance value of 0.000. While the R square value shows 0.608 which means that the effect of authentic leadership on affective commitment is 60.8%. Conclusion: Authentic leadership significantly shapes affective commitment in the institution.

Abstrak

Latar Belakang: Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) masih menjadi tantangan bagi perusahaan dan organisasi, salah satunya adalah meningkatkan komitmen organisasi terhadap anggota yang berdampak pada keunggulan kompetitif dimana peran pemimpin sangat dibutuhkan untuk meningkatkan komitmen pada anggota. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kepemimpinan autentik terhadap komitmen afektif anggota di One Indonesian Charity Institution. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian kuantitatif regresi linier. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan IBM SPSS versi 23.0. Populasi sebanyak 163 anggota, dengan sampel 110 anggota aktif didapatkan melalui tabel Isaac dan Michael dengan signifikansi sebesar 5%. Variabel diukur dengan skala kepemimpinan autentik dan skala komitmen afektif. Hasil: Uji hipotesis terdapat pengaruh kepemimpinan autentik terhadap komitmen afektif dengan nilai koefisien regresi (R=0,780) dengan nilai signifikansi 0,000. Sedangkan nilai R square menunjukkan 0,608 yang berarti pengaruh kepemimpinan autentik terhadap komitmen afektif sebesar 60,8%. Kesimpulan: Sehingga disimpulkan terdapat pengaruh kepemimpinan autentik terhadap komitmen afektif yang kuat. Dimana kepemimpinan otentik menjadi kunci untuk membangun komitmen afektif terkhusus di One Indonesian Charity Institution.

References

Adriansyah, A. (2020). Authentic leadership, komitmen afektif dan job resourcefullness dalam membentuk kreatifitas dan kinerja pegawai bank syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan, 5(3), 131. https://doi.org/10.35384/jemp.v5i3.155

Avolio, B. J., & Mhatre, K. H. (2012). Advances in theory and research on authentic leadership. In The Oxford Handbook of Positive Organizational Scholarship. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780199734610.013.0059

Daud, S., & Seswandi, A. (2022). Mekanisme kualitas interaksi dalam hubungan kepemimpinan autentik dengan komitmen afektif pegawai. Jurnal Komunitas Sains Manajemen, 1(1), 71–82.

Fatt, C. K., Khin, E. W. S., & Heng, T. N. (2010). The impact of organizational justice on employees job satisfaction: the malaysian companies perspectives. American Journal of Economics and Business Administration, 2(1). https://doi.org/10.3844/ajebasp.2010.56.63

Havid. (2023). Hiruk pikuk UMKM dan permasalahan SDM dan teknologi. Deras.Id, 1–5. https://deras.id/hiruk-pikuk-umkm-dan-permasalahan-sdm-dan-teknologi/

Idrus, A. (2022). Komitmen (kajian emperis kesungguhan, kesepakatan, iklim organisasi dan kepuasan kerja dosen). Tasikmalaya: Rumah Cemerlang Indonesia.

Januardha, J., & Nurwidawati, D. (2014). Perbedaan komitmen organisasi karyawan tetap dan karyawan outsourcing pada PT. Bank pembangunan daerah “X.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 5(1), 38. https://doi.org/10.26740/jptt.v5n1.p38-44

Jaya, N., Mukhtar, A., & UA, A. N. A. (2020). Gaya kepemimpinan dan motivasi, pengaruhnya terhadap kinerja pegawai. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 35–43. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1393

Juhaeni, S. (2023). Pengaruh kepemimpinan autentik dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan MAN 1 Indramayu. Edum Journal, 6(1), 100–115. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v6i1.138

Mahrani, S. W., Kamaluddin, M., Takdir, S. D., & Ansir. (2018). Organizational justice and organizational. The Oxford Handbook of Organizational Citizenship Behavior, 4(3), 255.

Marnis & Priyono. (2008). Manajemen sumber daya manusia. Sidoarjo: Manajemen Sumber Daya Manusia. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Meyer, J., & Allen, N. (1997). Commitment in the workplace: theory, research, and application. In Publikasi SAGE, Inc. https://doi.org/10.4135/9781452231556

Muryati, J., Munandar, A., Hilmizen, N., Koswara, E., Mulyanto, A., & Lisyawati, E. (2024). Pengaruh kepemimpinan autentik dan komitmen afektif terhadap kinerja guru pada MAS berbasis pondok pesantren di Kota Tangerang Selatan. Journal of Basic Educational Studies, 4(3), 1188–1207.

Rayadi. (2012). Faktor sumber daya manusia yang meningkatkan kinerja karyawan dan perusahaan di Kalbar. Jurnal EKSOS, 8, 114–119.

Sarta, S., Zohriah, A., & Fauzi, A. (2023). Analisis model kepemimpinan jalur tujuan (path goals) kajian kepemimpinan dalam lembaga pendidikan. Journal on Education, 6(1), 2508–2514. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3274

Saruksuk, M., Hidayat, N., & Lutfia, A. (2022). Pengaruh kepemimpinan autentik dan kesejahteraan afektif terhadap komitmen afektif karyawan startup bidang edutech. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, 9(2), 356–363.

Semedo, A. S. D., Coelho, A. F. M., & Ribeiro, N. M. P. (2016). Effects of authentic leadership, affective commitment and job resourcefulness on employees’ creativity and individual performance. Leadership & Organization Development Journal, 37(8), 1038–1055. https://doi.org/10.1108/LODJ-02-2015-0029

Sobirin, A. (2014). Organisasi dan perilaku organisasi. Budaya Organisasi, Pengertian, Makna Dan Aplikasinya, 1–72.

Suhartini, T. (2020). Implementasi kepemimpinan otentik dan person-organisation fit serta hubungannya dengan kontrak psikologis dan komitmen organisasional islami. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 10(2), 132. https://doi.org/10.21927/jesi.2020.10(2).132-149

Suryanatha, A., & Ardhana, K. (2014). Pengaruh transformasional dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan dan OCB pada baleka Resort hotel & spa Legian. Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(4), 1155–1170.

Suryanto, D., & Prihatiningsih, W. (2016). Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi karyawan UKM di wilayah Depok Jawa Barat. Jurnal Vokasi Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.7454/jvi.v4i1.1092

Susan, E. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 952–962.

Tanjung, A. S, Purba, A. M., & Mahadir, M. (2022). Pemahaman terhadap teori-teori organisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 5816–5823.

Tewal, B., Adolfina., Pandowo, M., & Tawas, H. (2017). Perilaku organisasi. Bandung: CV. Patra Media Grafindo.

Walumbwa, F. O., Avolio, B. J., Gardner, W. L., Wernsing, T. S., & Peterson, S. J. (2008). Authentic leadership: development and validation of a theory-based measure. Journal of Management, 34(1). https://doi.org/10.1177/0149206307308913

Yaqin, M. A. (2020). Menyoal mobilisasi politik dalam praktik filantropi sebagai upaya penanggulangan bencana di Indonesia, 138. Yogyakarta: Buana Grafika. https://fisipol.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/1056/2020/03/Praktik-Filantropi-Sosial_.pdf#page=62

Yasni, H. R., & Heri, H. (2022). Kepemimpinan autentik dan komitmen afektif: peran mediasi motivasi intrinsik. Jurnal Komunitas Sains Manajemen, 1(2), 138–151. https://jkmk.akademimanajemen.or.id/index.php/home/article/view/31%0Ahttps://jkmk.akademimanajemen.or.id/index.php/home/article/download/31/16

Yukl, G. (2013). Leadership in organization. Amerika Serikat: Pearson Education, Inc.

Yusuf, R. M., & Syarif, D. (2018). Komitmen organisasi. Makassar: Nas Media Pustaka.

Zahroh, F., & Aluf, W. A. (2023). Kepemimpinan otentik : jalur menuju kesuksesan organisasi. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(3).

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Sandi, S. A. A., & Yudiani, E. (2025). The Influence Authentic Leadership on Affective Commitment of Members at the One Indonesian Charity Institution . Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 16(02), 98–104. https://doi.org/10.26740/jptt.v16n02.p98-104
Abstract views: 86 , PDF Downloads: 41