Perbedaan Perilaku Konsumtif Ditinjau dari Tipe Kepribadian Pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Authors

  • Sandra Widyaningrum Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya
  • Ni Wayan Sukmawati Puspitadewi Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptt.v6n2.p102-106

Keywords:

Perilaku konsumtif, tipe kepribadian, introvert, ekstrovert, siswa

Abstract

 The purpose of this research is to study the differences of consumptive behavior tendences between introvert and ekstrovert personality types among students. This research used quantitative method, involved 174 subjects from Senior high School students SMA Negeri 2 Surabaya Grade XI who were chosen by random sampling. The instruments used for collecting data were scales of consumptive behavior tendencies and personality types. Data analyzed by Independent Sample Test (t-test) with error level of 5%. The result of analysis showed a significance value of consumptive behavior tendencies and the  personality types is  0.049 (p<0.05), means there is a difference tendency of the consumptive behavior in terms of introvert and ekstrovert personality types among participants. This study also showed differences in the average (mean) value of the variable consumptive behavior tendencies of students who have extrovert personality at 102.63 and the student who have introvert personality at 97.91. This indicated that the tendencies of consumptive behavior on students who have extrovert personality is higher than the students who have introvert  personality.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah  untuk menguji perbedaan kecenderungan perilaku konsumtif antara tipe kepribadian introvert dan ekstrovert pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 174 siswa yang berada di kelas XI SMA Negeri 2 Surabaya, yang dipilih berdasarkan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala kecenderungan perilaku konsumtif dan skala tipe kepribadian. Analisis data yang dalam penelitian ini adalah uji Independent Sample Test (uji-t) dengan tingkat kesalahan 5%. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikasi variabel kecenderungan perilaku konsumtif  dengan tipe kepribadian sebesar 0,049 (p<0,05), yang berarti terdapat perbedaan kecenderungan perilaku konsumtif ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan ekstrovert. Penelitian ini juga menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata pada variabel kecenderungan perilaku konsumtif siswa yang bertipe kepribadian ekstrovert sebesar 102,63 dan pada siswa yang bertipe kepribadian introvert sebesar 97,91. Hal ini menunjukkan bahwa kecenderungan perilaku konsumtif pada siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert lebih tinggi daripada siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert.  

References

Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Chen, T. (2011). Personality Traits Hierarchy of Online Shoppers. Journal of Marketing Studies, 3 (4), Online. http://www.ccsenet.org/. Diakses 5 Desember 2015.

Lu, H. P & Kuo, L. H. (2010). The Influence of Extro/Introversion on the Intention to Pay for Social Networking Sites. Journal of Information & Management, 47 (3), Online. http://www.researchgate.net. Diakses 5 Desember 2014.

Mangkunegara, A. P. (2009). Perilaku Konsumen. Bandung: PT Refika Aditama.

Munandar, A.S. (2006). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Naisaban, L. (2003). Psikologi Jung. Jakarta: Grasindo.

Rubianti, L. (2014). Minat Membeli di Media Online Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Jurnal Psikologi, 2 (1), Online. http://ejournal.umm.ac.id/. Diakses 4 Desember 2015.

Schiffman, L. G. & Kanuk, L. L. (2004). Perilaku Konsumen. (Alih Bahasa: Zulkifli Kasif). Jakarta: Indeks.

Setiadi, J. (2003). Perilaku Kosnumen, Konsep dan Implikas untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bogor: Kencana.

Shohibullana, I. H. (2014). Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif pada Siswa SMA (Ditinjau dari Lokasi Sekolah). Jurnal Psikologia. 2 (1), Online. http://ejournal.umm.ac.id/. Diakses 3 Desember 2013.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2010). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali.

Swastha, B. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty: Yogyakarta.

Wagner. (2009). Gaya Hidup Shopping Mall sebagai Bentuk Perilaku Konsumtif pada Remaja di Perkotaan. Skripsi. Online. http://repository.ipb.ac.id/. Diakses 3 Desember 2015.

Downloads

Published

2016-02-19
Abstract views: 3101 , PDF Downloads: 4772

Most read articles by the same author(s)