Sumber Daya Dalam Implementasi Kebijakan pendidikan Inklusi di SDN Betet 1 Kediri

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n1.p25-30

Abstract

Pendidikan yang baik, ketika mampu mengakomodir seluruh peserta didik, pendidikan yang memberikan pelayanan tanpa membedakan kondisi fisik, mental, intelektual, sosial, emosi, dan sebagainya, di mana semua anak dapat belajar bersama-sama, baik di sekolah formal maupun non formal yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing anak.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan sumber daya dalam implementasi pendidikan inklusi di SDN Betet 1 Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.

Dalam pelaksanaan implementasi kebijakan penyelenggaraan inklusi di SDN Betet 1 Kediri terdapat beberapa masalah sumber daya. Sumber daya dalam implementasi penyelenggaraan inklusi ini memiliki masalah yaitu mengenai kuranganya guru pendamping khusus (GPK), tidak ada tenaga psikologi, terapis, dan tim khususnya, tidak tersedianya ruang khusus penanganan anak berkebutuhan khusus (ABK), ruang kelas untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) yang kurang memadai.

            Hasi penelitia menunjukan bahwa sumber daya dalam implementasi kebijakan masih mengalami kendala. Oleh karena itu, perlu segera dialokasikan sumber daya manusia dan non manusia yang belum tersedia agar proses pembelajaran dapat berjalan secara maksimal.

Downloads

Additional Files

Published

2019-10-01

How to Cite

kusnia, N. (2019). Sumber Daya Dalam Implementasi Kebijakan pendidikan Inklusi di SDN Betet 1 Kediri. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 3(1), 25–30. https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n1.p25-30
Abstract views: 470 , PDF Downloads: 1825 , PDF Downloads: 0