Manajemen Sarana Prasarana Dikjaskes Dan Pemanfaatannya Di SMA Negeri 1 Kefamenanu
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p94-102Keywords:
Manajemen Sarana Prasarana Dan Pemanfaatan Sarana PrasaranaAbstract
Manajemen sarana dan prasarana adalah semua komponen yang secara langsung maupun tak langsung untuk jalannya proses pendidikan untuk mencapai tujuan dalam pendidikan itu sendiri.. Pemanfaatan sarana dan prasarana merupakan bagian dari strategi pengajaran, maka dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai guru dapat menggunakan strategi yang tepat terkait dengan tujuan-tujuan pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai: (1) perencanaan sarana dan prasarana; (2) pengadaan sarana dan prasarana; (3) pemeliharaan sarana dan prasarana; (4) inventarisasi sarana dan prasarana; (5) penghapusan sarana dan prasarana. Sekaligus untuk mengetahui pemanfaatan sarana prasarana Dikjaskes. Penelitian manajemen sarana prasarana dan pemanfaatannya di SMA Negeri 1 Kefamenanu merupakan penelitian ini mengacu pada pendekatan kualitatif,Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, bendahara, dan guru (penanggung jawab sarana prasarana). Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, studi dokumen. Uji keabsahan data dengan trianggulasi metode dan trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Perencanaan sarana prasarana di SMA Negeri 1 Kefamenanu terbagi atas 2 bagian yaitu Rapat koordinasi dan penentuan kebutuhan yang mana dilakukan setiap tahun pada awal semester (2) Pengadaan sarana prasarana dilakukan dengan cara mensurvei harga barang dan melakukan pengadaan yang mana kesemuaannya di tulis pada KIP B. (3) Pemeliharaan sarana prasarana biasanya diberikan langsung kepada guru dikjaskes untuk mengatur sarana dan prasarana. (4) Inventarisasi sarana dan prasarana biasanya dilakukan seara berkala yang ditulis pada kartu kuning dan dilaporkan pada dinas setempat. (5) Penghapusan sarana prasarana di SMa Negeri 1 Kefamenanu biasanya tidak dilakukan hal ini dikarenakan proses yang dilakukan sangat berbelit sehingga barang yang rusak dibuang ataupun disimpan. Pemanfaatan sarana prasarana yang dilakukan terbagi atas 2 bagian yaitu (1) Melakukan proses pembelajaran (2) Melakukan modifikasi pembelajaran
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.


