PENGARUH TEKNIK RELAKSASI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PGSD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bikotetik.v5n2.p61-64Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik relaksasi pada mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau di singkat PGSD tentang kepercayaan diri dalam proses belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dari 7 mahasiswa. Metodologi desain penelitian menggunakan metode eksperimental, menggunakan desaign pre-test dan Post-test. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, kuisioner, dan soal tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan rumus t hitung maka hasil yang diperoleh dapat menunjukkan apakah perlakuan yang diberikan efektif atau tidak. Berdasarkan hasil analisis yang telah peneliti lakukan kepada mahasiswa diperoleh hasil bahwa mahasiswa kepercayaan diri pada mahasiswa telah mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Hal ini ditujukkan oleh perubahan tingkat kepercayaan mahasiswa dalam proses belajar matematika sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan teknik relaksasi. Hasil hipotesis pertama sebelum diberi perlakuan teknik relaksasi rata-rata adalah 46,00. Sedangkan hipotesis kedua setelah diberikan perlakuan menggunakan teknik relaksasi mendapatkan nilai rata-rata 90,16. Sehingga dapat disimpulkan terdapat adanya perbedaan yang signifikan antara peningkatan kepercayaan pada mahasiswa PGSD sebelum dan sesudah diberi perlakuan dalam pembelajaran matematika.Unduhan
Diterbitkan
2022-01-14 — Diperbaharui pada 2022-01-14
Versi
- 2022-01-14 (2)
- 2022-01-14 (1)
Cara Mengutip
Arizona, A., & Intika, T. (2022). PENGARUH TEKNIK RELAKSASI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PGSD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 5(2), 61–64. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v5n2.p61-64
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstract views: 369
,
PDF Downloads: 264






