HUBUNGAN ANTARA SERVANT LEADERSHIP DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PADA KARYAWAN RUMAH SAKIT DELTA SURYA SIDOARJO

Authors

  • Fachreza Abhitama Akbar Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya
  • Olievia Prabandini Mulyana Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptt.v4n2.p140-151

Keywords:

Servant Leadership, Komitmen Organisasi

Abstract

Hospital is an integral part of social and health organization that function is to provide health services to people. The background of this study was an existing problem in regard to organization commitment among employees in Delta Surya Hospital. The purpose of this study was to investigate the relationship between servant leadership with organization commitment to employees delta surya hospital sidoarjo. The variables which were examined in this study were servant leadership as the independent variable and organization commitment as the dependent variable. This study was a quantitative research, involving 32 employeesas research subject which were selected by purposive sampling out of 386 employees of total population. The data collecting instruments used were the servant leadership and organization commitment scale. Data analysis method used was product moment correlation. The result of the data had showen a correlation coefficient value of 0,617 (r = 0,617) with significance level of 0,004 (p = 0,004). This result indicated that there was a relationship between servant leadership and organization commitment. Thus, the higher the servant leadership among employees are, the better the organization commitment would be, and vice versa.

Abstrak: Rumah sakit adalah bagian integral dari suatu organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Latar belakang penelitian ini adalah adanya masalah komitmen organisasi yang terjadi pada karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara servant leadership dengan komitmen organisasi pada karyawan Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo. Variabel yang dikaji pada penelitian ini adalah variabel servant leadership sebagai variabel bebas dan variabel komitmen organisasi sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan subjek penelitian berjumlah 32 karyawan dari jumlah populasi 386. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala servant leadership dan skala komitmen organisasi. Skala disusun menggunakan pemodelan skala likert. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment untuk menguji hubungan antara dua variabel, yaitu servant leadership dan komitmen organisasi.Hasil analisis data menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,617 (r = 0,617) dengan taraf signifikansi 0,004 (p = 0,004). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara servant leadership dengan komitmen organisasi. Semakin tinggi servant leadership karyawan, maka semakin baik komitmen organisasinya, begitu pula sebaliknya.

References

Anderson, J. (2008). The Writings of Robert K. Greenleaf: An interpretive analysis and the future of Servant Leadership. New York.

Anonim (2008). Laporan PKPA RS Delta Surya Sidoarjo, Program Profesi Apoteker, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Surabaya.

Anonim (2008). Profil RS Delta Surya, Sidoarjo.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Edisi revisi III. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, S. (2005). Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar

Barbuto, J.E., & Wheeler, D.W. (2006). Scale development and construct clarification of servant leadership, Group and Organization Management. New York

Bass , B. M. (2000). The future of leadership in learning organization.The Journal of leadership studies. New York

Fauzan & Baihaqi. (2010). pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja dan kinerja dengan komitmen organisasi sebagai variabel intervening. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro: Semarang

Fineman, S., Sims, D., & Gabriel , Y. (2005). Organizing and Organization Understanding the Human Side of Work. Newyork: A Division Siroon and Schuster. Inc.

Graham, J.W. (1991). Servant leadership in organizations: Inspirational and moral. New York.

Greenleaf, R.K. (1996). Servant Leadership :A journey into the nature of servant leadership. New York

Hadi, S. (2004). Metodologi Research Edisi I, Yogyakarta: Penerbit yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Handoyo, S. (2010). Pengukuran Servant Leadership sebagai Alternatif Kepemimpinan di Institusi Pendidikan Tinggi pada Masa Perubahan Organisasi. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga: Surabaya

Heristi & Handoyo, S. (2011). Hubungan antara servant leadership dengan efektifitas tim ditinjau dari persepsi anggota tim PHKI- Jurusan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga: Surabaya

Indira, J., Bunyaanudin, A. (2006). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Keterlibatan Kerja Islam dengan Sikap Terhadap Perubahan Organisasi.

Lantu, D., Pesiwarissa, E., & Rumahorbo, A. (2007). Servant Leadership. Yogyakarta: Gradien Books.

Laub, J. (2004). Defining Servant Leadership: A recommended Typology for Servant Leadership Study. Journal Servant Leadership Roundtable, Regent University, Virginia Beach, VA.

Luthans, F. (2007). Perilaku Organisasi. Yogyakarta : Andi.
Mathis, Robert. L & Jackson, John. H. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi kesepuluh.Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Rahmania,& Handoyo. (2009). Hubungan antara Servant Leadership dengan Organizational Citizenship Behavioral pada Dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga: Surabaya

Resi,& Yudhaningsih. (2011). peningkatan efektifivitas kerja melalui komitmen, perubahan, dan budaya organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara efektivitas kerja melalui komitmen, perubahan, dan budaya organisasi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro: Semarang

Robbins, S. (2002), Organizational Behavior- edisi bahasa Indonesia, buku 1 dan 2, Penerbit Indeks, Jakarta.

Russel, S. (2002). A Review of Servant Leadership attributes: Developing a practical model. Leadership and organizational development journal. New York.

Sopiah, (2008), perilaku organisasional, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Sovya & Desianty. (2005), pengaruh gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi pada PT POS Indonesia (PERSERO) Semarang. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro: Semarang

Spears, L. (1995). Reflection on Leadership :Robert K. Greenleaf theory of Servant Leadership, New York

Sugiyono (2000). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.Alfabeta : Bandung

Tanajaya, M., Noegroho, S. (1995). Perbedaan faktor-faktor Keterikatan Kerja Karyawan Terhadap Organisasi Ditinjau Dari Jenis Kelamin.Jurnal Psikologi Indonesia Pusat.Jakarta

Temaluru J. (2001). Hubungan antara Komitmen terhadap Organisasi dan faktor-faktor Demografis dengan Kepuasan Kerja Karyawan.Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia dari Perspektif Psikologi Industri Organisasi.Depok : Bagian PIO Fakultas Psikologi UI.

Winarsunu, Tulus. (2004). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. UMM Press. Malang

Downloads

Published

2014-02-19
Abstract views: 1720 , PDF Downloads: 1179

Most read articles by the same author(s)