Penerepan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar melalui penerapan media pembelajaran audio visual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS 2 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016//2017 yang berjumlah 27 siswa. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi, validitas isi dan review informan kunci. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif komparatif, analisis data kuantitatif, dan analisis data kualitatif. Prosedur penelitian meliputi tahap (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi, (d) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan media pembelajaran audio visual melalui langkah persiapan, penggunaan media, evaluasi, dan tindak lanjut dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Hal ini terbukti pada nilai rata-rata siswa pada pra siklus 77,78 dengan presentase ketuntasan sebesar 70,37%, siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,26 dengan presentase ketuntasan 85,19%, dan siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,32 dengan presentase ketuntasan 88,89%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS 2 SMAN Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2016/2017.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ashaver, Sandra (2013), The Use of Audio-Visual Material in the Teaching and Learning Processes in College of Education in Benue State Nigeria.Journal of Research and Method in Education. 1 (6) 44-55.
Hujair.(2013).Media Pembelajaran interaktif-inovatif, Yogyakarta: Kaukaba Dipantara
Ojowu, Elijah. (2014). Impact of Audio-Visual (Avs) Resources on Teaching and Learning in Some Selected Private Secondary School in
Makurdi.International Journal of Research in Humanities, Art and
Literature. 2 (5) 195-202.
Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Video. Jakarta: P3AI UPI.
Sadiman, Arief.S, Rahrdjo., Anung. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soenarto. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.