Penerepan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi

Main Article Content

Dwi Rupawati
Leny Noviani
Jonet Ariyanto Nugroho

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar melalui penerapan media pembelajaran audio visual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS 2 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016//2017 yang berjumlah 27 siswa. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi, validitas isi dan review informan kunci. Analisis data yang  digunakan adalah analisis statistik deskriptif komparatif, analisis data kuantitatif, dan analisis data kualitatif. Prosedur penelitian meliputi tahap (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi, (d) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan media pembelajaran audio visual melalui langkah persiapan, penggunaan media, evaluasi, dan tindak lanjut dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Hal ini terbukti pada nilai rata-rata siswa pada pra siklus 77,78 dengan presentase ketuntasan sebesar 70,37%, siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,26 dengan presentase ketuntasan 85,19%, dan siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81,32 dengan presentase ketuntasan 88,89%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran audio visual  dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS 2 SMAN Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

Article Details

How to Cite
Rupawati, D., Noviani, L., & Nugroho, J. A. (2017). Penerepan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.26740/jpeka.v1n1.p21-30
Section
Articles

References

Anitah, Sri. (2009). Teknologi Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ashaver, Sandra (2013), The Use of Audio-Visual Material in the Teaching and Learning Processes in College of Education in Benue State Nigeria.Journal of Research and Method in Education. 1 (6) 44-55.

Hujair.(2013).Media Pembelajaran interaktif-inovatif, Yogyakarta: Kaukaba Dipantara

Ojowu, Elijah. (2014). Impact of Audio-Visual (Avs) Resources on Teaching and Learning in Some Selected Private Secondary School in
Makurdi.International Journal of Research in Humanities, Art and
Literature. 2 (5) 195-202.

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Video. Jakarta: P3AI UPI.

Sadiman, Arief.S, Rahrdjo., Anung. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soenarto. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.