Penguatan Manajemen Pendidikan Dalam Mutu Pendidikan Tinggi Studi Kasus di STIE IBMT Surabaya

Authors

  • Rachman Halim Yustiyawan STIE IBMT

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p1-10

Keywords:

Manajemen Pendidikan, Mutu, Pendidikan Tinggi

Abstract

Pendidikan dianggap sebuah investasi yang berharga dalam membentuk sumber daya manusia dalam meningkatkan peradaban bangsa dan negara. Manajemen pendidikan menjadi alat utama untuk memberikan relevansi antara tujuan perguruan tinggi, tujuan pendidikan tinggi dan tujuan pendidikan nasional. Pendidikan tinggi merupakan lembaga formal jenjang terakhir yang memberikan kontribusi peningkatan kompetensi sumber daya manusia sehingga memiliki kualifikasi dan keahlian tertentu. Peningkatan mutu perguruan tinggi harus disesuaikan dengan standar pendidikan tinggi. Relevansi ini dilakukan dengan harapan kepada perguruan tinggi dalam aktivitas menyelenggarakan pendidikan dengan menganalisa faktor apa saja yang dapat mendorong tercapainya standar pendidikan tinggi. Standarisasi pendidikan tinggi adalah batasan minimal yang harus dipenuhi, dan peningkatan mutu perguruan tinggi ini harus dilakukan menyesuaikan tuntutan perubahan dan perkembangan yang selalu meningkat. Penelitian ini suatu usaha yang terencana dan terstruktur dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk menganalisa penguatan menejemen pendidikan di perguruan tinggi, dan mengidentifikasi masalah mutu perguruan tinggi, serta mengukur kekuatan kelemahan, peluang dan ancaman perguruan tinggi dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi. Hasil penelitian ini menunjukan penguatan manajemen pendidikan merupakan aspek tentang bagaimana mengelola dan memberdayakan sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan  yang telah ditetapkan secara produktif dan kondusif, kian memiliki peranan yang penting dalam menentukan mutu perguruan tinggi yang akan berdampak kepada tercapainya tujuan pendidikan nasional. Relevansi tersebut direalisasikan melalui tiga hal dasar yang harus dipenuhi oleh organisasi pendidikan yakni materi, energi, dan informasi

References

<p>Anwar, K. (2014). Investasi Pendidikan (Suatu Fungsi Untuk Pendidikan Yang Bermutu). <em>Al-Fikrah</em>, 110.</p><p>Arikunto, S. (2010). <em>Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik</em>. Jakarta: Rineka Cipta.</p><p>Asmawi, M. R. (2005). Strategi Meningkatkan Lulusan Bermutu di Perguruan Tinggi. <em>Makara Seri Sosial Humaniora</em>, <em>9</em>(2), 6671.</p><p>Basri, H., &amp; Rusdiana. (2015). <em>Manajemen Pendidikan dan Pelatihan</em>. Bandung: Pustaka Setia.</p><p>Fathoni, A. (2015). Konsep Manajemen Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Quran. <em>Al-Idarah Jurnal Manajemen Pendidikan</em>, <em>5</em>(2), 100120.</p><p>Gumiandari, S. (2013). Komitmen Pimpinan Dalam Pelaksanaan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (Studi Kasus IAIN Syekh Nurjati Cirebon). <em>Holistik</em>, <em>14</em>(02), 2756.</p><p>Moleong, L. J. (2006). <em>Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi</em>. Bandung: Remaja Rosdakarya.</p><p>Muhson, A., Wahyuni, D., &amp; Mulyani, E. (2012). Analisis Relevansi Lulusan Perguruan Tinggi Dengan Dunia Kerja. <em>Jurnal Economia</em>, <em>8</em>(1), 4252.</p><p>Nuraeni, Y. (2010). Perancangan Sistem Informasi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Bidang Sumber Daya Manusia. <em>Journal of Information System</em>, <em>6</em>(1), 3243.</p><p>Riyanto, Y. (2007). <em>Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif</em>. Surabaya: Unesa University Press.</p><p>Rusmini. (2014). Konsep Manajemen Pendidikan Dalam Konteks Kinerja Organisasi Unggul. <em>Al-Fikrah</em>, 139149.</p><p>Sugiyono. (2010). <em>Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&amp;D</em>. Bandung: Alfabeta.</p><p>Suharsaputra, U. (2015). <em>Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi</em>. Bandung: Refika Aditama.</p><p>Sukmadinata, N. S. (2010). <em>Metode Penelitian Pendidikan</em>. Bandung: Remaja Rosdakarya.</p><p>Sumardjoko, B. (2010). Faktor-Faktor Determinan Peran Dosen Dalam Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. <em>Cakrawala Pendidikan</em>, <em>29</em>(3), 294310.</p><p>Syukron, B. (2017). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu: Studi Transformasi Pada Perguruan Tinggi. <em>Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis</em>, <em>5</em>(1), 5162.</p><p>Ulfatin, N. (2013). <em>Metode Penelitian Kualitatif</em>. Malang: Bayumedia Publishing.</p>Zahroh, A. (2014). <em>Total Quality Management Teori dan Praktik Mnajemen Untuk Mendongkrak Mutu Pendidikan</em>. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2019-10-11

How to Cite

Yustiyawan, R. H. (2019). Penguatan Manajemen Pendidikan Dalam Mutu Pendidikan Tinggi Studi Kasus di STIE IBMT Surabaya. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 4(1), 1–10. https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p1-10
Abstract views: 1657 , PDF Downloads: 1400