Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan

Authors

  • Lilis Suryani Octavia Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Ina Savira Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p7-14

Keywords:

gaya kepemimpinan, kinerja guru, kinerja tenaga kependidikan

Abstract

Kepemimpinan dalam pendidikan menjadi kunci dalam pelaksanaan pendidikan yang efektif. pemilihan gaya kepemimpinan yang tepat oleh kepala sekolah akan mampu membawa sekolah kearah peningkatan kualitas dan pelayanan. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan Di SD Negeri Babatan I/456 Surabaya dan menelusuri tentang faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Babatan I/456 Surabaya. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terbuka nonpartisipan, wawancara semi terstruktur dan studi dokumentasi. teknik dalam keabsahan data menggunakan kredibiltas, transferbilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah disimpulkan dari delapan aspek yang telah ditentukan oleh peneliti yaitu: (a) perilaku keseharian kepala sekolah menunjukkan sikap perhatian, terbuka, periang, tegas, bijaksana, disiplin dan komitmen serta memiliki emosi yang stabil; (b) pendelegasian tugas dilakukan dengan adil dan pemberian pengarahan; (c) pengambilan keputusan dilakukan dengan bersama/mufakat; (d) pengawasan yang dilakukan dengan memantau progress secara langsung; (e) pengembangan sekolah meliputi pengembangan sarana dan prasarana sekolah, ekstrakurikuler, pembelajaran dan guru dan tenaga kependidikan; (f) komunikasi yang terbuka dan dua arah dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami; (g) motivasi dengan pemberian dorongan/semangat dan memenuhi kebutuhan seluruh personil sekolah dan (h) penghargaan berupa pujian dan ucapan terimakasih. Dalam memimpin kepala sekolah menggunakan gaya kepemimpinan kelompok. Sehingga dapat dipahami dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan kepala sekolah melakukan pemberdayaan guru dan tenaga kependidikan, pengembangan kompetensi guru dan tenaga kependidikan, pemberian motivasi dan pemberian penghargaan; (2) faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan kelompok adalah: (a) diri pemimpin memiliki kepribadian, pengalaman masa lalu, serta harapan yang tinggi kepada seluruh personil sekolah untuk mengembangkan sekolah; (b) ciri atasan yang mengedepankan proses pelaksanaan tugas; (c) ciri bawahan yang menunjukkan semangat dan kemauan untuk berubah; (d) persyaratan tugas dengan memberi pengarahan mengenai kejelasan tugas; (e) iklim organisasi dan kebijakan mampu membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan sekolah.

References

Aini, Niswatul. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI di SMPN 3 Nganjuk. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. online: (http://lib.uin-malang.ac.id/files/thesis/fullchapte r/04120049.pdf9]. Diakses Pada Tanggal: 8 Desember 2015 Pukul 10.00 WIB).

Chatterjee, Bhaskar. 2009. Human Resource Management A Contemporary Text. New Delhi: Sterling Publisher Private Limited

Komariah, Aan Dan Triatna, Cepi. 2010. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Kusmintardjo. 2003. Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kienrja Guru Studi Multi Kasus Pada Dua SMU Di Kota Malang. Disertasi tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nawawi, Hadari dan Hadari, M. Martini. 2012. Kepemimpinan Yang Efektif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Northouse, Peter G. 2013. Kepemimpinan Teori dan Praktik. Edisi Keenam. Jakarta: Indeks

Rohmat. 2010. Kepemimpinan Pendidikan Konsep Dan Aplikasi. Purwokerto: STAIN Press

Thoha, Miftah. 2015. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers

Usman, Husaini. 2014. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Edisi Keempat. Jakarta: Bumi Aksara

Yukl, Gary. 2015. Kepemimpinan dalam Organisasi. Edisi Ketujuh. Jakarta: Indeks

Downloads

Published

2017-02-07

How to Cite

Octavia, L. S., & Savira, S. I. (2017). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 1(1), 7–14. https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p7-14
Abstract views: 10541 , PDF Downloads: 17118