KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGURANGI STRES KERJA GURU: STUDI KASUS DI SMK
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v9n2.p230-244Abstract
Stres kerja merupakan salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kepala sekolah dalam mengelola stres kerja guru melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memiliki peran strategis dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, memberikan dukungan emosional, serta membangun komunikasi yang terbuka dengan guru. Selain itu, kepala sekolah juga berperan dalam mengatur beban kerja secara proporsional dan memberikan motivasi yang berkelanjutan guna meningkatkan semangat kerja guru. Dengan adanya kepemimpinan yang responsif dan solutif, tingkat stres kerja guru dapat ditekan sehingga produktivitas dan kualitas pembelajaran tetap terjaga. Temuan ini menegaskan pentingnya peran kepala sekolah sebagai manajer, motivator, dan fasilitator dalam menjaga kesejahteraan psikologis tenaga pendidik. Penanganan stres kerja guru tidak dapat dilepaskan dari kepemimpinan yang humanis dan adaptif. Upaya sistematis yang dilakukan kepala sekolah menjadi bukti bahwa peran kepemimpinan transformatif sangat menentukan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung kesehatan mental guru dan peningkatan mutu pembelajaran secara berkelanjutan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.

