MANAJEMEN PERAN GURU SEJARAH DALAM MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI DAN ISU GLOBAL

Authors

  • April Jebe Salamony Pendidikan Sejarah, Universitas Pattimura
  • Nur Fandini Buton Pendidikan Sejarah, Universitas Pattimura
  • Agustinus Ufie Pendidikan Sejarah, Universitas Pattimura
  • Jenny Koce Matitaputty Pendidikan Sejarah, Universitas Pattimura
  • Selvia Anesa Toborwaer Universitas Pattimura
  • Grashella Wenno Universitas Pattimura
  • Monce Jehotler Kabrahanubun Universitas Pattimura
  • Jeis Jose Palaudi Universitas Pattimura

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kompetensi guru sejarah di SMA Muhammadiyah Ambon dalam mengintegrasikan teknologi dan isu global ke dalam pembelajaran. Integrasi ini penting untuk membekali siswa dengan keterampilan abad ke-21 dan kesadaran terhadap dinamika global. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan 34 guru sebagai responden. Instrumen berupa kuesioner tertutup mencakup delapan indikator kompetensi, mulai dari penggunaan media presentasi hingga penyusunan RPP berbasis isu global. Hasil menunjukkan bahwa kompetensi tinggi pada penggunaan PowerPoint (80%) dan literasi digital dasar (70%), namun rendah pada penggunaan LMS (25%), integrasi isu global (30%), dan pengembangan kurikulum berbasis isu (40%). Temuan ini menunjukkan bahwa penguasaan teknologi belum dibarengi kemampuan pedagogis dalam pembelajaran kontekstual. Oleh karena itu, diperlukan strategi pelatihan yang menyeluruh melalui blended learning, dukungan kebijakan sekolah, dan penguatan komunitas belajar guru.

Downloads

Published

2023-10-23

How to Cite

Salamony, A. J., Buton, N. F., Ufie, A., Matitaputty, J. K., Toborwaer, S. A., Wenno, G., … Palaudi, J. J. (2023). MANAJEMEN PERAN GURU SEJARAH DALAM MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI DAN ISU GLOBAL. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 8(1), 40–51. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jdmp/article/view/42759
Abstract views: 10 , PDF Downloads: 0