MANAJEMEN PERAN GURU SEJARAH DALAM MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI DAN ISU GLOBAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kompetensi guru sejarah di SMA Muhammadiyah Ambon dalam mengintegrasikan teknologi dan isu global ke dalam pembelajaran. Integrasi ini penting untuk membekali siswa dengan keterampilan abad ke-21 dan kesadaran terhadap dinamika global. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan 34 guru sebagai responden. Instrumen berupa kuesioner tertutup mencakup delapan indikator kompetensi, mulai dari penggunaan media presentasi hingga penyusunan RPP berbasis isu global. Hasil menunjukkan bahwa kompetensi tinggi pada penggunaan PowerPoint (80%) dan literasi digital dasar (70%), namun rendah pada penggunaan LMS (25%), integrasi isu global (30%), dan pengembangan kurikulum berbasis isu (40%). Temuan ini menunjukkan bahwa penguasaan teknologi belum dibarengi kemampuan pedagogis dalam pembelajaran kontekstual. Oleh karena itu, diperlukan strategi pelatihan yang menyeluruh melalui blended learning, dukungan kebijakan sekolah, dan penguatan komunitas belajar guru.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 2023

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.

