SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v9n2.p114-`127Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis supervisi klinis kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTs Zia Salsabila. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan kepala madrasah, guru, dan supervisor (pengawas). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis yang terdiri dari empat alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di MTs Zia Salsabila ditemukan bahwa dalam supervisi klinis kepala madrasah melakukan tiga tahapan yaitu yang pertama perencanaan yang mana kepala madrasah mengidentifikasi kebutuhan guru dan menetapkan aspek-aspek yang ingin diobservasi, Kedua pelaksanaan, dalam pelaksanaan kepala madrasah melakukan pengamatan secara langsung ke kelas dan membuat instrumen penelitian. Serta yang ketiga ialah umpan balik, kepala madrasah menganalisa hasil observasi yang didapatkan kemudian memberikan arahan dan bimbingan sesuai hasil yang diperoleh.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.

