SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

Authors

  • Fitra Amalia Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Fadhli Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v9n2.p114-`127

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis supervisi klinis kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MTs Zia Salsabila. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan kepala madrasah, guru, dan supervisor (pengawas).  Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis yang terdiri dari empat alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di MTs Zia Salsabila ditemukan bahwa dalam supervisi klinis kepala madrasah melakukan tiga tahapan yaitu yang pertama perencanaan yang mana kepala madrasah mengidentifikasi kebutuhan guru dan menetapkan aspek-aspek yang ingin diobservasi, Kedua pelaksanaan, dalam pelaksanaan kepala madrasah melakukan pengamatan secara langsung ke kelas dan membuat instrumen penelitian. Serta yang ketiga ialah umpan balik, kepala madrasah menganalisa hasil observasi yang didapatkan kemudian memberikan arahan dan bimbingan sesuai hasil yang diperoleh.

Downloads

Published

2025-06-16

How to Cite

Harahap, F. A., & Fadhli, M. (2025). SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 9(2), 114-`127. https://doi.org/10.26740/jdmp.v9n2.p114-`127
Abstract views: 247 , PDF Downloads: 181