Pengaruh Kesiapan Guru Terhadap Pemanfaatan E-Learning
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p72-77Keywords:
Kemampuan TI, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, E-learningAbstract
Pembelajaran berbasis sistem e-learning merupakan bentuk solusi yang dibutuhkan di era globalisasi dalam dunia pendidikan saat ini. Untuk itu, penting bagi guru untuk memiliki kesiapan dalam pemanfaatan e-learning. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kesiapan guru terhadap pemanfaatan e-learning. Metode yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dengan responden guru ekonomi SMA se Kabupaten Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh postif signifikan antara kemampuan TI terhadap pemanfaatan e-learning. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan antara persepsi kemudahan terhadap pemanfaatan e-learning. (3) Terdapat pengaruh positif signifikan antara persepsi kemanfaatan terhadap pemanfataan e-learning. (4) Terdapat pengaruh positif signifikan antara kemampuan TI, persepsi kemudahan, dan persepsi kesiapan guru secara simultan terhadap pemanfaatan e-learning. Dapat disimpulkan bahwa kesiapan guru merupakan salah satu faktor yang dapat mempengarui keberhasilan pemanfaatan e-learning. Untuk itu, guru perlu meningkatkan kemampuannya dalam hal penguasaan teknologi informasi agar pendidikan berbasis digital dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dengan baik.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.