Pengaruh Kesiapan Guru Terhadap Pemanfaatan E-Learning

Authors

  • Riut Iptian Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p72-77

Keywords:

Kemampuan TI, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, E-learning

Abstract

Pembelajaran berbasis sistem e-learning merupakan bentuk solusi yang dibutuhkan di era globalisasi dalam dunia pendidikan saat ini. Untuk itu, penting bagi guru untuk memiliki kesiapan dalam pemanfaatan e-learning. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kesiapan guru terhadap pemanfaatan e-learning. Metode yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dengan responden guru ekonomi SMA se Kabupaten Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh postif signifikan antara kemampuan TI terhadap pemanfaatan e-learning. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan antara persepsi kemudahan terhadap pemanfaatan e-learning. (3) Terdapat pengaruh positif signifikan antara persepsi kemanfaatan terhadap pemanfataan e-learning. (4) Terdapat pengaruh positif signifikan antara kemampuan TI, persepsi kemudahan, dan persepsi kesiapan guru secara simultan terhadap pemanfaatan e-learning. Dapat disimpulkan bahwa kesiapan guru merupakan salah satu faktor yang dapat mempengarui keberhasilan pemanfaatan e-learning. Untuk itu, guru perlu meningkatkan kemampuannya dalam hal penguasaan teknologi informasi agar pendidikan berbasis digital dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dengan baik.

Downloads

Published

2019-10-01

How to Cite

Iptian, R. (2019). Pengaruh Kesiapan Guru Terhadap Pemanfaatan E-Learning. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 3(2), 72–77. https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p72-77
Abstract views: 698 , PDF Downloads: 780