ANALISIS PERENCANAAN BERBASIS DATA PADA APLIKASI RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v9n2.p135-151Abstract
Penelitian ini mengkaji dampak Perencanaan Berbasis Data (PBD) pada Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) di SMP Negeri Kecamatan Pangkalan Kerinci. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif pada dua sekolah dengan pengumpulan data menggunakan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah, bendahara BOS dan guru menggunakan Rapor Pendidikan sebagai acuan dalam menyusun PBD untuk ARKAS. SMPN 1 Pangkalan Kerinci mencantumkan 8 kegiatan, sedangkan SMPN 2 hanya 3 kegiatan. PBD membantu mengarahkan penyusunan ARKAS dan mengurangi potensi penyalahgunaan dana BOS melalui pemantauan tim MARKAS Dinas Pendidikan. Keberhasilan PBD didukung oleh data yang akurat, kompetensi pengelola sekolah, serta budaya pengambilan keputusan berbasis data. Hambatan utama meliputi kurangnya pemahaman dalam perencanaan, keterbatasan akses data, minimnya pendampingan, dan manajemen waktu yang kurang efektif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.

