ANALISIS PERENCANAAN BERBASIS DATA PADA APLIKASI RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH

Authors

  • Dewi Kusuma Dwikawati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Lantip Diat Prasojo Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v9n2.p135-151

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak Perencanaan Berbasis Data (PBD) pada Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) di SMP Negeri Kecamatan Pangkalan Kerinci. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif pada dua sekolah dengan pengumpulan data menggunakan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah, bendahara BOS dan guru menggunakan Rapor Pendidikan sebagai acuan dalam menyusun PBD untuk ARKAS. SMPN 1 Pangkalan Kerinci mencantumkan 8 kegiatan, sedangkan SMPN 2 hanya 3 kegiatan. PBD membantu mengarahkan penyusunan ARKAS dan mengurangi potensi penyalahgunaan dana BOS melalui pemantauan tim MARKAS Dinas Pendidikan. Keberhasilan PBD didukung oleh data yang akurat, kompetensi pengelola sekolah, serta budaya pengambilan keputusan berbasis data. Hambatan utama meliputi kurangnya pemahaman dalam perencanaan, keterbatasan akses data, minimnya pendampingan, dan manajemen waktu yang kurang efektif.

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Dwikawati, D. K., & Prasojo, L. D. (2025). ANALISIS PERENCANAAN BERBASIS DATA PADA APLIKASI RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 9(2), 135–151. https://doi.org/10.26740/jdmp.v9n2.p135-151
Abstract views: 31 , PDF Downloads: 6