PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENDORONG IMPLEMENTASI PROGRAM DOUBLE TRACK UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN BERWIRAUSAHA

Authors

  • Endah Rohmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Mufarrihul Hazin Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Universitas Negeri Surabaya
  • Muhamad Sholeh Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v9n2.p128-134

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kepala sekolah dalam mendukung program Double Track (DT) di SMAN 1 Puncu, sebuah sekolah negeri di kawasan pegunungan Kabupaten Kediri. Fokus kajian terletak pada tiga peran strategis kepala sekolah: sebagai inovator, motivator, dan wirausahawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memainkan peran penting dalam mengembangkan model pelatihan keterampilan berbasis potensi lokal, membangkitkan semangat guru dan siswa, serta menjalin kerja sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) melalui pendekatan kewirausahaan. Implementasi program DT berdampak positif terhadap kesiapan kerja siswa, meningkatkan keterampilan teknis, kepercayaan diri, dan orientasi kewirausahaan. Program ini juga memicu transformasi budaya belajar di sekolah, dari yang semata-mata akademik menjadi lebih kolaboratif dan berbasis proyek. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa kepemimpinan yang terintegrasi antara inovasi, motivasi, dan kewirausahaan dapat menjadi model transformasi pendidikan berbasis komunitas di daerah pedesaan.

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Rohmawati, E., Hazin, M., Khamidi, A., & Sholeh, M. (2025). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENDORONG IMPLEMENTASI PROGRAM DOUBLE TRACK UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN BERWIRAUSAHA. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 9(2), 128–134. https://doi.org/10.26740/jdmp.v9n2.p128-134
Abstract views: 79 , PDF Downloads: 16