TRAINING NEEDS ANALYSIS IN DEVELOPING TEACHING MODULES FOR THE MERDEKA CURRICULUM

Authors

  • Fitria Salehati Samal Universitas Pendidikan Indonesia
  • Djaman Sitori Universitas Pendidikan Indonesia
  • Asep Sudarsyah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v9n2.p161-177

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kebutuhan pelatihan (Training Needs Analysis/TNA) dalam pengembangan modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka bagi guru-guru SDN Garuda. Menggunakan pendekatan metode campuran (mixed methods) dengan desain eksplanatori sekuensial, penelitian ini mengombinasikan analisis kuantitatif dan kualitatif secara terintegrasi. Tahap pertama berupa pengumpulan data kuantitatif melalui kuesioner tertutup yang diisi oleh 8 orang guru, dengan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Tahap kedua melibatkan pengumpulan data kualitatif melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan observasi langsung terhadap dokumen perencanaan pembelajaran. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam menyusun modul ajar masih berada pada level menengah ke bawah, dengan skor rata-rata 30 dari skor maksimal 50. Hanya 5 dari 8 responden (62,5%) yang mencapai skor minimal 30, sementara 3 guru lainnya berada di bawah standar. Analisis lebih mendalam melalui pendekatan kualitatif mengungkap bahwa faktor penyebabnya meliputi: (1) pelatihan yang selama ini diberikan bersifat teoritis tanpa praktik langsung, (2) minimnya pendampingan pasca pelatihan, dan (3) keterbatasan akses terhadap contoh modul ajar yang sesuai dengan konteks Kurikulum Merdeka. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan program pelatihan komprehensif yang dirancang menggunakan kerangka kerja model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation) dengan penekanan pada: (1) praktik langsung penyusunan modul, (2) integrasi teknologi dalam pembelajaran, dan (3) pembelajaran berbasis proyek. Evaluasi pelatihan mengadopsi model Kirkpatrick dengan fokus pada level 2 (pembelajaran) dan level 3 (perubahan perilaku). Studi ini juga menyarankan pentingnya pendampingan berkelanjutan dan pengembangan komunitas belajar guru untuk memastikan keberlanjutan peningkatan kompetensi.

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Samal, F. S., Sitori, D., & Sudarsyah, A. (2025). TRAINING NEEDS ANALYSIS IN DEVELOPING TEACHING MODULES FOR THE MERDEKA CURRICULUM. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 9(2), 161–177. https://doi.org/10.26740/jdmp.v9n2.p161-177
Abstract views: 9 , PDF Downloads: 3