TRAINING NEEDS ANALYSIS IN DEVELOPING TEACHING MODULES FOR THE MERDEKA CURRICULUM
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v9n2.p161-177Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kebutuhan pelatihan (Training Needs Analysis/TNA) dalam pengembangan modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka bagi guru-guru SDN Garuda. Menggunakan pendekatan metode campuran (mixed methods) dengan desain eksplanatori sekuensial, penelitian ini mengombinasikan analisis kuantitatif dan kualitatif secara terintegrasi. Tahap pertama berupa pengumpulan data kuantitatif melalui kuesioner tertutup yang diisi oleh 8 orang guru, dengan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Tahap kedua melibatkan pengumpulan data kualitatif melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan observasi langsung terhadap dokumen perencanaan pembelajaran. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru dalam menyusun modul ajar masih berada pada level menengah ke bawah, dengan skor rata-rata 30 dari skor maksimal 50. Hanya 5 dari 8 responden (62,5%) yang mencapai skor minimal 30, sementara 3 guru lainnya berada di bawah standar. Analisis lebih mendalam melalui pendekatan kualitatif mengungkap bahwa faktor penyebabnya meliputi: (1) pelatihan yang selama ini diberikan bersifat teoritis tanpa praktik langsung, (2) minimnya pendampingan pasca pelatihan, dan (3) keterbatasan akses terhadap contoh modul ajar yang sesuai dengan konteks Kurikulum Merdeka. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini merekomendasikan program pelatihan komprehensif yang dirancang menggunakan kerangka kerja model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation) dengan penekanan pada: (1) praktik langsung penyusunan modul, (2) integrasi teknologi dalam pembelajaran, dan (3) pembelajaran berbasis proyek. Evaluasi pelatihan mengadopsi model Kirkpatrick dengan fokus pada level 2 (pembelajaran) dan level 3 (perubahan perilaku). Studi ini juga menyarankan pentingnya pendampingan berkelanjutan dan pengembangan komunitas belajar guru untuk memastikan keberlanjutan peningkatan kompetensi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.

