KESEJAHTERAAN PENDIDIK DITINJAU DARI PERMASALAHAN YANG DIHADAPI SELAMA PELAKSANAAN KERJA
Abstract
Pendidikan di sekolah memiliki peran strategis dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas melalui penguatan pendidikan karakter dan pemberian ilmu pengetahuan, yang diharapkan mampu memperluas pola pikir peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara tugas dan tanggung jawab pendidik, motivasi pendidik, serta pendapatan pokok pendidik dengan kinerja dan tingkat kesejahteraan mereka. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan enam pendidik sebagai subjek penelitian. Subjek ini dipilih dari sekolah yang berbeda berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Data dalam penelitian ini didapat melalui wawancara mendalam untuk menggali pengalaman dan pandangan subjek terkait kesejahteraan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan pendidik masih tergolong rendah, terutama bagi mereka yang tidak menerima tunjangan profesi. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan antara pendapatan yang diterima dan tanggung jawab yang harus dijalankan. Temuan ini mengindikasikan pentingnya peningkatan kesejahteraan pendidik untuk mendukung peran mereka dalam mencetak generasi yang berkualitas.Pendidikan di sekolah memiliki peran strategis dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas melalui penguatan pendidikan karakter dan pemberian ilmu pengetahuan, yang diharapkan mampu memperluas pola pikir peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara tugas dan tanggung jawab pendidik, motivasi pendidik, serta pendapatan pokok pendidik dengan kinerja dan tingkat kesejahteraan mereka. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan enam pendidik sebagai subjek penelitian. Subjek ini dipilih dari sekolah yang berbeda berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Data dalam penelitian ini didapat melalui wawancara mendalam untuk menggali pengalaman dan pandangan subjek terkait kesejahteraan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan pendidik masih tergolong rendah, terutama bagi mereka yang tidak menerima tunjangan profesi. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan antara pendapatan yang diterima dan tanggung jawab yang harus dijalankan. Temuan ini mengindikasikan pentingnya peningkatan kesejahteraan pendidik untuk mendukung peran mereka dalam mencetak generasi yang berkualitas.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.
