GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Authors

  • Zahrotul Mufidah UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA (UNESA)
  • Nunuk Hariyati Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwin Yulianingsih Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v8n2.p120-131

Abstract

Kepemimpinan partisipatif telah menjadi topik yang semakin populer dalam konteks pendidikan. Gaya kepemimpinan ini melibatkan partisipasi aktif dari anggota tim atau kelompok dalam pengambilan keputusan dan perencanaan. Dalam konteks pendidikan, kepemimpinan partisipatif dapat berdampak signifikan pada kinerja guru. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja guru di konteks pendidikan. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, penelitian ini akan menganalisis sejauh mana partisipasi guru dalam pengambilan keputusan memengaruhi motivasi, keterlibatan, dan hasil kerja mereka. Data akan dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan teknik statistik. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan kebijakan dan praktik manajemen pendidikan yang lebih efektif, khususnya dalam meningkatkan kinerja guru melalui penerapan gaya kepemimpinan partisipatif.

Downloads

Published

2025-03-23

How to Cite

Mufidah, Z., Hariyati, N., & Yulianingsih, W. (2025). GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 8(2), 120–131. https://doi.org/10.26740/jdmp.v8n2.p120-131
Abstract views: 87 , PDF Downloads: 158