GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PROFESIONALISME PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v8n2.p120-131Abstract
Kepemimpinan partisipatif telah menjadi topik yang semakin populer dalam konteks pendidikan. Gaya kepemimpinan ini melibatkan partisipasi aktif dari anggota tim atau kelompok dalam pengambilan keputusan dan perencanaan. Dalam konteks pendidikan, kepemimpinan partisipatif dapat berdampak signifikan pada kinerja guru. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja guru di konteks pendidikan. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, penelitian ini akan menganalisis sejauh mana partisipasi guru dalam pengambilan keputusan memengaruhi motivasi, keterlibatan, dan hasil kerja mereka. Data akan dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan teknik statistik. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan kebijakan dan praktik manajemen pendidikan yang lebih efektif, khususnya dalam meningkatkan kinerja guru melalui penerapan gaya kepemimpinan partisipatif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.

