IMPLEMENTASI ROADMAP PENELITIAN DAN PKM PROGRAM STUDI

Authors

  • Syafi’ul Anam Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Anggun Camelia Universitas Negeri Surabaya
  • Ephrilia Noor Fitriana Universitas Negeri Surabaya
  • Yogi Bagus Adhimas Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v8n1.p1-10

Abstract

Indikator tridharma perguruan tinggi adalah penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Maka, dengan menerapkan banyak strategi, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya (UNESA) terus berinovasi guna mencapai kuantitas dan kualitas penelitian dan PKM yang diharapkan. Tujuan dari penelitian dan PKM adalahmendeskripsikan pandangan dosen terhadap roadmap penelitian program studi dalam penentuan topik penelitian dan PKM, serta menganalisis integrasi antara topik dengan roadmap penelitian dan PKM program studi selingkung fakultas Bahasa dan Seni Unesa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data melalui wawancara dengan 28 dosen dari 14 prodi di FBS. Penelitian ini menyebutkan mayoritas dosen memiliki pandangan bahwa roadmap penelitian dibutuhkan dalam penelitian dan PKM, namun tidak semua dosen menerapkan roadmap tersebut. sebagian besar dosen memahami tentang roadmap penelitian program studi sedangkan sebagian dosen yang lain melaksanakan penelitian tanpa mempertimbangkan roadmap. Konsep penentuan topik disesuaikan dengan  kepakaran dosen dan kebutuhan mitra. Kendala yang sering kali muncul dalam mengintegrasikan topik penelitian dan PKM dengan roadmap program studi adalah perbedaan kepakaran dosen yang tergabung dalam satu tim, selain itu kebutuhan mitra yang tidak sesuai dengan kepakaran dosen, sehingga penggunaan Roadmap penelitian dan PKM perlu diperhatikan baik saat tahap perencanaan, sosialisasi, pelaksanaan, serta evaluasi program.

Downloads

Published

2023-10-23

How to Cite

Anam, S., Camelia, I. A., Fitriana, E. N., & Adhimas, Y. B. (2023). IMPLEMENTASI ROADMAP PENELITIAN DAN PKM PROGRAM STUDI. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 8(1), 1–10. https://doi.org/10.26740/jdmp.v8n1.p1-10
Abstract views: 122 , PDF Downloads: 96