PENDEKATAN QUADRUPLE HELIX SEBAGAI ALTERNATIF MANAJEMEN STRATEGIK DALAM TRANSFORMASI LEMBAGA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v8n1.p20-31Abstract
IAIN Kediri saat ini dalam proses transformasi menjadi UIN. Pada perjalanan proses tersebut membutuhkan strategi yang baik agar memperoleh hasil yang maksimal. Manajemen strategik dalam sebuah organisasi sebagai cara untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. Termasuk manajemen strategi bagi IAIN Kediri dalam proses menuju UIN. Salah satu alternatif strategi untuk pengembangan organisasi ialah pendekatan Quadruple Helix. Penelitian ini bertujuan mengkaji manajemen strategik dalam proses transformasi melalui implementasi pendekatan Quadruple Helix. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan studi literatur untuk memperoleh data yang digunakan dalam pembahasan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa sinergi penerapan Quadruple Helix dalam proses transformasi IAIN Kediri menjadi UIN memerlukan sinergi dari empat aktor. Aktor pemerintah berperan dalam pembuatan regulas yang memudahkan universitas beralih jenjang. Aktor industri perlu bekerjasama untuk pengembangan akademik. Aktor akademisi melalui pengelolaan pelayanan yang baik bagi semua civitas akademik. Aktor masyarakat dalam mendukung proses kegiatan akademik. Melalui sinergi empat aktor tersebut dapat mendukung proses transformasi IAIN Kediri menjadi UIN.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.

