STRATEGI PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DI LEMBAGA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v8n2.p143-155Abstract
Sarana dan prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai dengan pengelolaan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan strategi pengelolaan sarana dan prasarana di SD Negeri 1 Lempuyangan. Penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian memiliki 2 informan yaitu kepala sekolah, dan Wakil kepala sekolah bidang Sarana dan prasarana. Keabsahan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknis (wawancara mendalam dan dokumentasi) dan sumber (Kepala sekolah, guru, dan komite sekolah). Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kepala sekolah berperan dalam pengelolaan sarana dan prasarana dengan strategi perencanaan, pengadaan, inventarisasi, pemanfaatan, pemeliharaan, dan pengawasan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.

