STRATEGI PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DI LEMBAGA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

Authors

  • faning maulida UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sulfiani Sulfiani STAI Al-Bahjah Cirebon
  • Fatimah Az Zahro Universitas Singaperbangsa Karawang,
  • Ahmad Syapuan IAI SMQ Bangko
  • Nur Jihadilla University of Adelaide

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v8n2.p143-155

Abstract

Sarana dan prasarana sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah. Tentunya hal tersebut dapat dicapai apabila ketersedian sarana dan prasarana yang memadai disertai dengan pengelolaan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpsikan strategi pengelolaan sarana dan prasarana di SD Negeri 1 Lempuyangan. Penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian memiliki 2 informan yaitu kepala sekolah, dan Wakil kepala sekolah bidang Sarana dan prasarana. Keabsahan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknis (wawancara mendalam dan dokumentasi) dan sumber (Kepala sekolah, guru, dan komite sekolah). Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kepala sekolah berperan dalam pengelolaan sarana dan prasarana dengan strategi perencanaan, pengadaan, inventarisasi, pemanfaatan, pemeliharaan, dan pengawasan.

Downloads

Published

2025-03-23

How to Cite

maulida, faning, Sulfiani, S., Az Zahro, F., Syapuan, A., & Jihadilla, N. (2025). STRATEGI PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DI LEMBAGA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 8(2), 143–155. https://doi.org/10.26740/jdmp.v8n2.p143-155
Abstract views: 8 , PDF Downloads: 8