MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH PERUSAHAAN

Authors

  • Puji Sukur Universitas Mulawarman Samarinda
  • Mahesa Nur Iman Rudinah Universitas Mulawarman Samarinda
  • Nurlaili Nurlaili Universitas Mulawarman Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v7n2.p143-153

Abstract

Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu indikator bermutunya suatu sekolah. Meskipun pemerintah telah mengatur pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan, tetapi sekolah masih diberikan ruang untuk mengembangkannya sesuai dengan ciri khas yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pendidik dan tenaga kependidikan yang berbasis pada sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan yang dilakukan oleh sekolah adalah dengan menganalisis kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan kemudian melakukan rekrutmen pendidik dan tenaga kependidikan; (2) Pengorganisasian pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Perusahaan dimulai dengan dimulai dengan penandatanganan kontrak kerja. Untuk pendidik dan tenaga pendidik baru akan dijadikan pegawai honor, jika kinerjanya bagus akan dijadikan pegawai kontrak, sedangkan tenaga kontrak yang kinerjanya bagus, akan diangkat menjadai pegawai tetap; (3) Pelaksanaan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan dilakukan secara berkelanjutan. Proses pengembangannya melalui penilaian hasil kerja tahunan, rotasi/mutasi jabatan, kenaikan jabatan dan kenaikan golongan, pengisian jabatan, pelatihan dan pendidikan, Career Development Program dan penugasan organisasi ekstra lainnya; (4) Pengawasan manajemen pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Perusahaan diimplementasikan melalui pemberian penghargaan, penegakan disiplin, dan evaluasi kerja.

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Sukur, P., Iman Rudinah, M. N., & Nurlaili, N. (2023). MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH PERUSAHAAN. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 7(2), 143–153. https://doi.org/10.26740/jdmp.v7n2.p143-153
Abstract views: 325 , PDF Downloads: 1215