Peningkatan Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa pada Siswa Disleksia Melalui Metode Team Games Tournament dengan Menggunakan Media Pembelajaran berbasis Quizizz

Authors

  • Muhammad Aditya Wisnu Wardana Universitas Sebelas Maret https://orcid.org/0000-0002-3023-1163
  • Kundharu Saddhono Universitas Sebelas Maret
  • Ani Rakhmawati Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v7n1.p71-82

Abstract

Pembelajaran dengan metode serta media kekinian dengan konsep interaktif, inovatif, dan kolaboratif menjadi salah satu upaya untuk menyampaikan materi secara tepat dan cepat kepada peserta didik. Tujuan dilakukan peneltian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Team Games Tournament dan mengkolaborasikan penggunaan media pembelajaran berbasis digital dengan media Quizizz sebagai upaya meningkatkan pemerolehan serta kecakapan berbahasa pada siswa dengan disleksia di SMP PGRI 2 Wates. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan atau field research serta penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan studi kasus yang dilaksankan di sekolah penempatan Kampus Mengajar tahun 2022 di SMP PGRI 2 Wates, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Penggunaan media pembelajaran menggunakan Quizizz dan metode Team Games Tournament dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu (1) tahap pendefinisian; dan (2) tahap perancangan. Penelitian mengambil sampel dari kelas VII dan VIII dengan jumlah total siswa 37 dengan menggunakan angket tes berupa pertanyaan melalui media Quizizz. Hasil yang diperoleh dari hasil uji coba penggunaan metode serta media tersebut adalah terjadi peningkatan yang awalnya hanya 46% siswa mempunyai pemahaman serta kecakapan bahasa menjadi meningkat menjadi 87% menurut penskoran yang telah dilakukan dengan media Quizizz serta menerapkan metode pembelajaran Team Games Tournament. Harapan dari penerapan metode dan media tersebut mampu meningkatkan pemerolehan serta kecakapan berbahasa bagi siswa disleksia yang mempunyai keterlambatan untuk memahami bahasa dan kecakapan dalam berbahasa.

Kata kunci: Disleksia; Pembelajaran Bahasa; Team Games Tournament; Quizizz

Author Biographies

Muhammad Aditya Wisnu Wardana, Universitas Sebelas Maret

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Kundharu Saddhono , Universitas Sebelas Maret

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Ani Rakhmawati, Universitas Sebelas Maret

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Downloads

Published

2022-10-24

How to Cite

Wardana, M. A. W., Saddhono , K. ., & Rakhmawati, A. . (2022). Peningkatan Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa pada Siswa Disleksia Melalui Metode Team Games Tournament dengan Menggunakan Media Pembelajaran berbasis Quizizz. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 7(1), 71–82. https://doi.org/10.26740/jdmp.v7n1.p71-82
Abstract views: 1038 , PDF Downloads: 798