Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Efektif di Sekolah Dasar

Authors

  • MOHAMMAD ALI RIDHO universitas negeri surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p114-129

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah memegang peranan penting dalam mengembangkan budaya sekolah efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya dan peran kepemimpianan kepala sekolah dalam upaya mengembangkan budaya sekolah efektif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus yang dilakukan di SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) kesimpulan. Uji keabsahan data diuji melalui: (1) credibility; (2) transferability; (3) dependability; (4) confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kepala sekolah tidak hanya menerapkan salah satu gaya kepemimpinan tertentu, tetapi sesuai kondisi yang dihadapi. (2) Peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah efektif adalah sebagai edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator. (2) Upaya kepala sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah efektif adalah: (a) Mengembangkan hubungan harmonis diantara semua komponen sekolah, (b) Mengembangkan keamanan sekolah, (c) Mengembangkan lingkungan sekolah yang kondusif untuk belajar. 

Downloads

Published

2019-10-01

How to Cite

RIDHO, M. A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Sekolah Efektif di Sekolah Dasar. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 3(2), 114–129. https://doi.org/10.26740/jdmp.v3n2.p114-129
Abstract views: 2462 , PDF Downloads: 6395