Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru

Authors

  • Aditya Wahyu Permana Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
  • Karwanto Karwanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p58-67

Keywords:

kepemimpinan, partisipatif, profesional guru

Abstract

Tujuan artikel ilmiah ini untuk mengetahui  gaya kepemimpinan partisipatif dalam upaya meningkatkan profesional guru.  Artikel ini menggunakan studi literatur / kepustakaan yaitu dengan cara mengartikan beberapa jurnal nasional maupun internasional sehingga dalam memperoleh data melalui kajian teks kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Hasil dari artikel ini adalah gaya kepemimpinan partisipatif dalam upaya meningkatkan profesional guru adalah adanya saran-saran dari bawahan dalam proses pengambilan keputusan. Dengan demikian, bawahannya merasa lebih dihargai oleh atasannya karena mereka dianggap mampu berperan dalam pengambilan keputusan. Dengan gaya kepemimpinan seperti ini, hubungan antara pemimpin dengan bawahan akan terjaga dengan baik

References

<p class="AfiliasiCxSpFirst">Arum, W. S. A. (2007). Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Berlandaskan Ilmu Pendidikan Dalam. <em>Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan</em>. Vol 16. Universitas Negeri Jakarta. <a href="https://doi.org/10.21009/pip.162.10">https://doi.org/10.21009/pip.162.10 </a></p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Bali, S. K. (2016). Profesionalisme Guru Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. <em>Jurnal Penjamin Mutu. </em>Vol.2 No.2 : Bali. <a href="https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.73">https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.73</a></p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Burhanudin, M. (2017). The Roles of Pricipals in Increasing Education Quality By Developing Teacher Profesionalism. <em>Journal Didaktika Religia</em> Vol 5. No.1. Stain Kediri    <a href="https://doi.org/10.30762/didaktika.v5i1.856">https://doi.org/10.30762/didaktika.v5i1.856 </a></p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Christopher, D., Qing, G., &amp; Pam, S. (2016). The Impact of Leadership on Student Outcomes: How Successful School Leaders Use Transformational and Instructional Strategies to Make a Difference.<em> Jurnal Administrasi Pendidikan Triwulanan</em>. Vol. 52 (2) 221 258 <a href="https://doi.org/10.1177/0013161x15616863">https://doi.org/10.1177/0013161x15616863 </a></p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Karadag, E., Bektas, F., Cogaltay, N., &amp; Yalcin, M. (2015). The effect of educational leadership on students achievement: a meta-analysis study.<em> Jurnal Educ Asia Pasifik.</em> Vol. 16: 7993 <a href="https://doi.org/10.1007/s12564-015%099357-x%C2%A0">https://doi.org/10.1007/s12564-015 9357-x </a></p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Gadusova, Z. (2019). Teachers Professional Competence and Their Evaluatin. <em>Journal Education and Self Development </em>Vol 14 No.3. Doi: 10.26907/esd14.3.02.</p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Gultom, A. (2018). Effect of Demo Leadership Style and Bureaucratic Leadership Style against Teacher Work Motivation in Dolok Batu Naggar State 1 State School. <em>Science and Technology Publications, Lda</em>. <a href="https://doi.org/10.5220/0009494703060313">https://doi.org/10.5220/0009494703060313 </a></p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Heriyansyah. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. <em>Jurnal Manajemen Pendidikan</em><em> </em><em>Islam</em>. Islamic Management Vol.1 No.1: Bogor. <a href="https://doi.org/10.31227/osf.io/kjve8">https://doi.org/10.31227/osf.io/kjve8</a></p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Mbera, A. (2015). Relationship Between Leadership Style used by Head Teachers of Public Secondary Schools and Students Academic Performance. <em>International Journal of Academic Research in Business and Social</em><em> </em><em>Sciences</em>.  <a href="file:///E:/UNESA/JDMP/Selesai/8.%20Vol%205%20No%201%20September%202020/Siap/%20https:/doi.org/10.6007/ijarbss/v5-i7/1733%C2%A0"> https://doi.org/10.6007/ijarbss/v5-i7/1733 </a></p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Mulyasa, E. (2015)<em>. Manajemen &amp; Kepemimpinan Kepala Sekolah</em>. Jakarta: PT Bumi Aksara.</p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Mulyasa, E. (2006). <em>Menjadi Kepala Sekolah Profesional</em>. Cetakan VI. Bandung: Remaja Rosdakarya.</p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Naim, A. (2017). Profesionalisme Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa<em>. Jurnal PII</em> Vol 2 No.1. STIT Islamiyah Karya Pembangunan Paron Ngawi.     <a href="https://doi.org/10.35316/jpii.v2i1.66">https://doi.org/10.35316/jpii.v2i1.66 </a></p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Nurman, M., Yuliejantiningsih, Y., &amp; Roshayanti, F. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dan Kompetensi Guru Terhadap Mutu Sekolah SMP Negeri Di Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes. <em>Jurnal Manajemen</em><em> </em><em>Pendidikan.</em> Vol 7 No.8. PGRI Semarang <a href="https://doi.org/10.26877/jmp.v7i3.3141">https://doi.org/10.26877/jmp.v7i3.3141 </a></p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Pupiani. (2016). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Fiqih Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri Tahun 2016-2017. Jurnal Islamic Education. Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo <a href="file:///E:/UNESA/JDMP/Selesai/8.%20Vol%205%20No%201%20September%202020/Siap/%20https:/doi.org/10.24269/tarbawi.v1i01.103%C2%A0"> https://doi.org/10.24269/tarbawi.v1i01.103 </a></p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Putri, A. R. (2019). Meningkatkan Profesionalisme Guru Sebagai Aktor Utama Dalam Dunia Pendidikan. <a href="https://doi.org/10.31227/osf.io/ybxc9%C2%A0">https://doi.org/10.31227/osf.io/ybxc9 </a></p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Rahmi, S. (2014)<em>. Kepemimpinan transformasional dan budaya</em><em> </em><em>organisasi: Ilustrasi di Bidang Pendidikan</em>. Jakarta: Mitra Wacana Media.</p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Ruslan. (2020). The Influence of Principals Situational Leadership and Teachers Professionalism on Teachers Performance. <em>International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT).</em> Vol 20 No.1  <a href="https://doi.org/10.31219/osf.io/t7cha%C2%A0">https://doi.org/10.31219/osf.io/t7cha </a></p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Segredo, M. R. (2014). The Relationships Between Elementary School Principals Emotional Intelligence, Leadership Style and School Culture <em>Journal Educational</em><em> </em><em>Administrationand Supervision. </em>Florida International University. DOI:10.25148/etd.FI14071124</p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Septiani, N. (2019). Gaya Kepemimpinan Pendidikan. Univessitas Negeri Padang <a href="https://doi.org/10.31227/osf.io/cqr7d">https://doi.org/10.31227/osf.io/cqr7d </a></p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Sipayung, R. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Di SMA ST. Maria Medan. <em>School Education Journal.</em> Vol 8 No.2. Universitas Katolik Santo Thomas.            <a href="https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.9829">https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v8i2.9829 </a></p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Suhanji. (2016). Synergy of Teacher Profesionalism Development of The Quality of Education<em>.</em><em> </em><em>International Conference of Moslem Society</em><em> </em>ISSN 2622-5840, Volume 1, 2016, Pages 1-12.  DOI: <a href="https://doi.org/10.24090/icms.2016.1812">https://doi.org/10.24090/icms.2016.1812</a></p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Tarhid. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. <em>Jurnal</em><em> </em><em>Kependidikan </em>IAIN Purwokerto. DOI:   <a href="https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1931">https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1931</a></p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Thoha, M. (2012). <em>Kepemimpinan Dalam Manajemen</em>. Ed. 1. Jakarta: Rajawali Press.</p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta.</p><p class="AfiliasiCxSpMiddle">Winarsih, S. (2018). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. <em>Jurnal Internasinal Conference Of Moslem Society</em>. UPI Bandung. <a href="https://doi.org/10.24090/icms.2018.1864">https://doi.org/10.24090/icms.2018.1864</a></p>Yukl, G. (2015)<em>. Kepemimpinan dalam organisasi</em>. PT Indeks.

Downloads

Published

2020-10-03

How to Cite

Permana, A. W., & Karwanto, K. (2020). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 58–67. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p58-67
Abstract views: 2400 , PDF Downloads: 2324