Pengembangan Buku Pedoman Rekrutmen Tenaga Pendidik Pos PAUD Terpadu
DOI:
https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n1.p38-49Abstract
Kualitas tenaga pendidik PAUD sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pendidikan menjadi salah satu faktor kualitas pengembangan system pengelolaan Pos PAUD Terpadu. Oleh karena itu, diperlukan rekrutmen atau Manajemen SDM (MSDM) guna mendukung terselenggaranya PAUD secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kualitas atau kelayakan dan keefektifan produk buku pedoman rekrutmen tenaga pendidik Pos PAUD Terpadu sebagai salah satu garda depan pendidikan dalam meningkatkan professional pendidik dan tenaga pendidik PAUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan atau (research and development), menggunakan model pengembangan Thiagarajan, dkk yang dikenal dengan istilah 4D models, yaitu 1) pendefinisian; 2) perancangan; 3) pengembangan; dan 4) penyebaran. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan kuisioner sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskritif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengukuran data menggunakan skala linkert. Uji coba keefektifan menggunakan desain before-after untuk pengujian perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan uji signikansi dengan menggunakan uji-T test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proses pengembangan buku pedoman rekrutmen tenaga pendidik PAUD, melalui 3 tahap define, design, develop; 2) kualitas atau kelayakan diperoleh dari hasil validasi skor MSDM sebesar 161 dengan presentase 98%, hasil validasi skor PAUD sebesar 53 dengan presentase 96%, hasil validasi skor bahasa sebesar 63 dengan presentase 97%; 3) hasil keefektifan uji coba produk buku pedoman rekrutmen tenaga pendidik di PAUD menunjukkan bahwa penggunaan buku pedoman mempengaruhi efektifitas nilai signifikansinya sebesar 0,00 yang artinya nilai tersebut < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku pedoman dinyatakan efektif untuk digunakan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright Notice
The copyright of the received article once accepted for publication shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
The publisher publish and distribute the Article with the copyright notice to the JDMP with the article license CC-BY-SA 4.0.

