GAMBARAN GAYA HIDUP DAN NILAI INTERNAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI PADA REMAJA DENGAN STATUS SOSIAL MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptt.v1n1.p39-45Keywords:
Gaya hidup, nilai internal, keputusan membeli, remaja, kelas menengah atasAbstract
Artikel ini menyajikan suatu deskripsi tentang gaya hidup dan faktor-faktor yang mendasari nilai-nilai internal dalam membuat keputusan membeli pada remaja dengan tingkat ekonomi memengah atas. Data diperoleh menggunakan metode wawancara, angket, dan observasi. subjek penelitian adalah siswa sekolah menengah umum (SMU) yang berusia antara 15-18 tahun dari latar belakang keluarga dengan status ekonomi menengah atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai, keyakinan, perspepsi, motif, dan kepribadian merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai internal. di samping itu juga ditemukan beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi remaja dalam keputusan membeli yaitu: teman, idola, keluarga, dan lingkungan.
References
Ariestonandri, Pima.(2000). Marketing Research for Beginners. Penerbit Andi: Yogyakarta
Adams, G. R., & Gullotta, T. (1933) Adolescence Life Experiences. Monterev. Cal.: Brooks/Cole Publishing Company.
Fuhrmann, B. S., (1990). Adolescence (2nd Ed.). Illinois: Scott. Foresman/little, Brown Higher Education.
Hawkins, B. R. J. (1992). Consumer Behavior: Implications for Marketing Strategy. 5th ed. Richard D. Irwin Inc.
Lerner, R.M. & Hultsch, D. F. (1983). Human Development: A Life Span Perspective. McGraw-Hill Company.
Lopez, F. G. (1992). Family Dinamics and Late Adolescent Identity Development. Dalam Brown S. D., & Lent, R.W. (Eds.). Handbook of Counseling Psychology. 2nd Ed. New York: John Wiley & Sons.
Poerwandari, K. E. (2007). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Rogers, D. (1985). Adolescents and Youth. Sixth Ed. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Setiadi, N. J. (2008). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasinya untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Steinberg, L. (2002). Adolescence. International edition. New York: McGraw-Hill Inc.
Suprappri, N. W. S. (2010). Perilaku Konsumen, Pemahaman dasar dan Aplikasinya dalam Strategi Pemasaran. Denpasar: Udayana University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

