GAMBARAN GAYA HIDUP DAN NILAI INTERNAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMBELI PADA REMAJA DENGAN STATUS SOSIAL MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptt.v1n1.p39-45Keywords:
Gaya hidup, nilai internal, keputusan membeli, remaja, kelas menengah atasAbstract
Artikel ini menyajikan suatu deskripsi tentang gaya hidup dan faktor-faktor yang mendasari nilai-nilai internal dalam membuat keputusan membeli pada remaja dengan tingkat ekonomi memengah atas. Data diperoleh menggunakan metode wawancara, angket, dan observasi. subjek penelitian adalah siswa sekolah menengah umum (SMU) yang berusia antara 15-18 tahun dari latar belakang keluarga dengan status ekonomi menengah atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai, keyakinan, perspepsi, motif, dan kepribadian merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai internal. di samping itu juga ditemukan beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi remaja dalam keputusan membeli yaitu: teman, idola, keluarga, dan lingkungan.
References
Adams, G. R., & Gullotta, T. (1933) Adolescence Life Experiences. Monterev. Cal.: Brooks/Cole Publishing Company.
Fuhrmann, B. S., (1990). Adolescence (2nd Ed.). Illinois: Scott. Foresman/little, Brown Higher Education.
Hawkins, B. R. J. (1992). Consumer Behavior: Implications for Marketing Strategy. 5th ed. Richard D. Irwin Inc.
Lerner, R.M. & Hultsch, D. F. (1983). Human Development: A Life Span Perspective. McGraw-Hill Company.
Lopez, F. G. (1992). Family Dinamics and Late Adolescent Identity Development. Dalam Brown S. D., & Lent, R.W. (Eds.). Handbook of Counseling Psychology. 2nd Ed. New York: John Wiley & Sons.
Poerwandari, K. E. (2007). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Rogers, D. (1985). Adolescents and Youth. Sixth Ed. New Jersey: Prentice-Hall Inc.
Setiadi, N. J. (2008). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasinya untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Steinberg, L. (2002). Adolescence. International edition. New York: McGraw-Hill Inc.
Suprappri, N. W. S. (2010). Perilaku Konsumen, Pemahaman dasar dan Aplikasinya dalam Strategi Pemasaran. Denpasar: Udayana University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The author transfers copyright to the journal by signing a copyright transfer agreement.
- The author retains patent and trademark rights, and rights to any process, procedure, or article of manufacture described in the article.
- The use of the articles by authors and end-users is governed by the CC BY-NC license (Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License).