Kematangan Emosi dan Religiusitas Terhadap Kecenderungan Agresi Pada Siswa

Authors

  • Putri Maharani Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya
  • Hermien Laksmiwati Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptt.v8n1.p33-42

Keywords:

Kematangan emosi, religiusitas, kecenderungan perilaku agresi

Abstract

The purpose of this research was to determine the correlation between emotional maturity and religiosity with aggressive tendency among students. This research used quantitative research method. The population was  grade 10  students of  SMA "X" Mojokerto (120 students). Instruments used were the scales of emotional maturity, religiosity, and aggressive tendency. Pearson product moment was used to find a partial relationship between variables, while multiple linear regression was used to find the relationships of emotional maturity (X1) and religiosity (X2) to aggressive tendency (Y) simultaneously. The result of the analysis between X1 and Y shows correlation coefficient of -0.717, while  correlation coefficient  between X2 and Y was -0.601. The results also show that the partial relationship between X1 with Y and X2 with Y is at a high level. The results of multiple linear regression analysis shows that the correlation coefficient of X1 and X2 with Y was 0.613. The result means that the contribution of emotional maturity and religiosity variables on aggressive tendency is 61.3%. The negative coefficient values in emotional maturity and religiosity variables indicate that the higher emotional maturity and religiosity will result in the lower aggressive tendency. In contrast, when emotional maturity and religiosity is lower, then aggressive behavior tendency will be higher.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kematanagan emosi dan reigiusitas dengan kecenderungan perilaku agresi pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas X SMA œX Kota Mojokerto yang berjumlah 120 siswa. Instrumen yang digunakan adalah skala kematangan emosi, religiusitas, dan kecenderungan agresi. Teknik analisa data menggunakan product moment untuk mencari hubungan secara parsial, dan analisis regresi linier berganda  untuk mencari hubungan secara simultan. Hasil analisis antara kematangan emosi dengan kecenderungan agresi menunjukkan koefisien korelasi-717, dan sebesar -601 antara religiusitas dengan kecenderungan agresi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hubungan parsial antara X1 dengan Y dan X2 dengan Y berada pada tingkat tinggi.  Hasil analisis data secara bersama-sama variabel X1 dan X2 dengan Y menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,613 artinya kontribusi variabel kematangan emosi dan religiusitas secara bersama-sama terhadap kecenderungan perilaku agresi adalah sebesar 61,3%. Nilai koefisien pada variabel kematangan emosi dan religiusitas adalah negatif. Artinya semakin tinggi kematangan emosi dan religiusitas maka semakin rendah kecenderungan agresi siswa. Sebaliknya, kematangan emosi dan religiusitas rendah terkait dengan kecenderungan agresi tinggi.

References

Agustin & Nurihsan. (2013). Dinamika Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Refika Aditama.

Azwar, S. (2014). Penyusunan Skala Psikologi: Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ghufron, M.N & Risnawati, R. (2016). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Haniah, L. (2013). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Perilaku Agresif Remaja Siswa Kelas XI SMA Antartika Buduran Sidoarjo. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (Alih bahasa: Istiwidyayynti dan Soedjarwo). Jakarta:Erlangga.

Jalaluddin, H. (2015). Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Jauhar & Kulsum. (2014). Psikologi Sosial. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Lestari, Deni. (2015). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Perilaku Agresif Siswa Kelas VII SMPN 3 NGADIROJO. Skripsi tidak diterbitkan. Kediri: PPs Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia.

Rahayu, S. (2008). Hubungan Antara Religiusitas Dengan Kematangan Emosi Pada Siswa SMU Institut Indonesia Yogyakarka. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Negeri Suanan Kali Jaga.

Riyadi, Slamet. (2014). Hubungan religiusitas Dengan Perilaku Agresi Santri Remaja Di Pondok Pesantren Manbaul Huda Podorejo Ngaliyan Semarang. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Sarwono, W. S. (2012). Psikologi remaja. Edisi revisi cetakan 14. Jakarta: PT. Rajawali Grafindo Persada.

Setiyaningsih, P.S, (2014). Hubungan Perilaku Religiusitas dengan Sikap Agresif Pada Siswa SMK Piri Sleman. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan œAisyiyah Yogyakarta.

Setyaningsih, P.S. (2014). Hubungan Perilaku Religiusitas dengan Sikap Agresif Pada Siswa SMK Piri Sleman. Skripsi (tidak diterbitkan).
Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ˜Aisyiyah Yogayakarta.

Sovinia, L., & Fauziah, N. (2014). Hubungan Religiusitas Dengan Agresivitas. Jurnal Psikologi 4 (3), 56-63. (online). http://ejournal-s1.undip.ac.id/.Diakses 15 Oktober 2016.

Walgito, B. (2003). Pengantar Psikologi Umum: Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2017-08-15

How to Cite

Maharani, P., & Laksmiwati, H. (2017). Kematangan Emosi dan Religiusitas Terhadap Kecenderungan Agresi Pada Siswa. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 8(1), 33–42. https://doi.org/10.26740/jptt.v8n1.p33-42
Abstract views: 2895 , PDF Downloads: 1503