PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK MODEL PERMAINAN BELAJAR BERSIKAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Triandriyani Triandriyani Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Negeri Surabaya
  • Hermien Laksmiwati Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptt.v1n2.p55-62

Keywords:

Bimbingan kelompok, kemampuan penyesuaian diri, siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan penerapan bimbingan kelompok model permainan belajar bersikap untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri di sekolah. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen berupa œpre-test dan œpost-test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa kelas VII SMPN 1 Diwek, Jombang dengan skor kemampuan penyesuaian diri di sekolah rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametik dengan Uji Jenjang Bertanda Wilcoxon yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada skor kemampuan penyesuaian diri di sekolah antara sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil Uji Wilcoxon diketahui bahwa Thitung=0, dengan N=8 dan taraf signifikan 0,05 maka Ttabel = 4. Berarti Thitung lebih kecil dari Ttabel (0>4), sehingga hipotesis penelitian diterima dan dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok model permainan belajar bersikap merupakan pendekatan yang efektif untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan penyesuaian diri di sekolah.

References

Hurlock, B. E. (1993). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Kartono, K. (1989). Hygiene Mental dan Kesehatan Mental Dalam Islam. Bandung: Mandar Maju.

Martini. (2005). Prosedur dan Prinsip-prinsip Statistika. Surabaya: UNESA University Press.

Mulyono, T. & Setya, H., W. (2002). Bermain Belajar Bersikap. Surabaya: Plan Indonesia.

Nurihsan, A., J. (2006). Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.

Nursalim, M., & Suradi. (2002). Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: UNESA University Press.

Panuju, P., & Ida U. (2005). Psikologi Remaja. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Prasetyo, D., S. (2007). Membedah Psikologi Bermain Anak. Yogyakarta: Think.

Rumini, S., & Sundari, S. (2004). Prekembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (1987). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sunarto & Hartono, A. (1999). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rieneka Cipta.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Vebriarto, S. T. (1999). Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Willis, S. (1994). Problem Remaja dan Pemecahannya. Bandung: Angkasa.

Willis, S. (2005). Remaja dan Masalahnya. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2011-02-19

How to Cite

Triandriyani, T., & Laksmiwati, H. (2011). PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK MODEL PERMAINAN BELAJAR BERSIKAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 1(2), 55–62. https://doi.org/10.26740/jptt.v1n2.p55-62
Abstract views: 716 , PDF Downloads: 735