PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK MODEL PERMAINAN BELAJAR BERSIKAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jptt.v1n2.p55-62Keywords:
Bimbingan kelompok, kemampuan penyesuaian diri, siswaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan penerapan bimbingan kelompok model permainan belajar bersikap untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri di sekolah. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen berupa œpre-test dan œpost-test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 siswa kelas VII SMPN 1 Diwek, Jombang dengan skor kemampuan penyesuaian diri di sekolah rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non-parametik dengan Uji Jenjang Bertanda Wilcoxon yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada skor kemampuan penyesuaian diri di sekolah antara sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil Uji Wilcoxon diketahui bahwa Thitung=0, dengan N=8 dan taraf signifikan 0,05 maka Ttabel = 4. Berarti Thitung lebih kecil dari Ttabel (0>4), sehingga hipotesis penelitian diterima dan dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok model permainan belajar bersikap merupakan pendekatan yang efektif untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan penyesuaian diri di sekolah.References
Hurlock, B. E. (1993). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Kartono, K. (1989). Hygiene Mental dan Kesehatan Mental Dalam Islam. Bandung: Mandar Maju.
Martini. (2005). Prosedur dan Prinsip-prinsip Statistika. Surabaya: UNESA University Press.
Mulyono, T. & Setya, H., W. (2002). Bermain Belajar Bersikap. Surabaya: Plan Indonesia.
Nurihsan, A., J. (2006). Bimbingan dan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
Nursalim, M., & Suradi. (2002). Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: UNESA University Press.
Panuju, P., & Ida U. (2005). Psikologi Remaja. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Prasetyo, D., S. (2007). Membedah Psikologi Bermain Anak. Yogyakarta: Think.
Rumini, S., & Sundari, S. (2004). Prekembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (1987). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sunarto & Hartono, A. (1999). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rieneka Cipta.
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Vebriarto, S. T. (1999). Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Willis, S. (1994). Problem Remaja dan Pemecahannya. Bandung: Angkasa.
Willis, S. (2005). Remaja dan Masalahnya. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

