TEATER MONOLOG TRADISIONAL: BENTUK PERTUNJUKAN, NILAI, DAN KEHIDUPAN JALANAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Teater Tradisional Monolog adalah pertunjukan tunggal yang mengeksplorasi pertunjukan jalanan di kota-kota besar Indonesia di tengah modernisasi, menghidupkan tradisi dengan melibatkan penonton secara langsung di area publik. Artikel ini mengkaji kesulitan mengembangkan drama yang dilakukan oleh karakter dengan keterlibatan ruang publik, penonton, dan karakteristik bentuk, berdasarkan skenario aktual dalam penelitian dan data yang diperoleh. Teater Tradisional Monolog mengkaji dan mengembangkan pola pertunjukan jalanan, serta memperkenalkannya kepada seluruh komunitas di Indonesia, dengan menggunakan materi sejarah dan kebangkitan.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
kepemilikan artikel milik AutorReferensi
Ackroyd-Pilkington, J. (2001). Akting, Representasi, dan Peran. Penelitian dalam Pendidikan Drama: Jurnal Teater dan Pertunjukan Terapan, 6(1), 9–22. https://doi.org/10.1080/13569780020031762
Bartley, S. (2017). Kerja keras dan kesejahteraan hukuman: badan pengangguran bekerja dalam kinerja partisipatif. Penelitian dalam Pendidikan Drama, 22(1), 62–75. https://doi.org/10.1080/13569783.2016.1263559
Cooper, R. (2001). Masalah budaya. Nilai Budaya, 5(2), 163–197. https://doi.org/10.1080/14797580109367227
Daddario, W. (2018). 'Terkonsentrasi, polisemi, tindakan sastra': Setiap rumah memiliki pintu membaca tiga drama matador Jay Wright. Ulasan Teater Kontemporer, 28(2), 179–195. https://doi.org/10.1080/10486801.2018.1440552
Eldhose, A., & Das, N. (2015). Teater untuk Pendidikan Ulang: bereksperimen dengan bentuk dokumenter di Kerala. Penelitian dalam Pendidikan Drama, 20(4), 490–500. https://doi.org/10.1080/13569783.2015.1076333
Fişek, E. (2016). Membingkai Témoignage: narasi pribadi, bantuan teater, dan politik aktivisme imigrasi di Prancis. Teks dan Kinerja Triwulanan, 36(2–3), 77–94. https://doi.org/10.1080/10462937.2016.1178394
Greer, S. (2017). Monolog Amerika Kontemporer: Kinerja dan Politik oleh Eddie Paterson . Ulasan Teater Kontemporer, 27(2), 287–288. https://doi.org/10.1080/10486801.2017.1311085
Berburu, A. (2020). Acting Alone: mengeksplorasi keterlibatan penonton melalui hubungan pemain / penonton. Penelitian dalam Pendidikan Drama, 25(2), 150–160. https://doi.org/10.1080/13569783.2019.1692652
Irugalbandara, A., & Campbell, M. (2020). Strategi baru untuk pendidikan drama Sri Lanka. Penelitian dalam Pendidikan Drama, 25(2), 256–262. https://doi.org/10.1080/13569783.2020.1730173
Kim, WJ, Trung, N. X., Hung, L. van, & Trung, N. N. (2020). Hubungan antara nilai-nilai budaya dan kesejahteraan: analisis dari beberapa negara Asia Timur. Jurnal Penelitian Budaya, 24(4), 334–350. https://doi.org/10.1080/14797585.2020.1861812
Kramer, M. W. (2002). Komunikasi dalam kelompok teater komunitas: Mengelola beberapa peran kelompok. Ilmu Komunikasi, 53(2), 151–170. https://doi.org/10.1080/10510970209388582
Marsh, J., & Brasted, H. (2002). Api, BJP dan masyarakat moral. Asia Selatan: Jurnal Studi Asia Selatan, 25(3), 235–251. https://doi.org/10.1080/00856400208723500
Martinez, C. (2018). Pose otobiografi: Narasi kehidupan dan transformasi agama dalam tradisi Mirabai. Asia Selatan: Jurnal Studi Asia Selatan, 41(2), 418–434. https://doi.org/10.1080/00856401.2018.1443240
McAvoy, M. (2020). Seni teater, pendidikan global, dan kebijakan; atau, apa yang diajarkan Chance the Rapper kepada kami tentang pendidikan seni. Tinjauan Kebijakan Pendidikan Seni, 121(3), 98–105. https://doi.org/10.1080/10632913.2019.1658248
Park-Fuller, LM (2003). Audiencing penonton: Teater playback, penulisan performatif, dan aktivisme sosial. Teks dan Kinerja Triwulanan, 23(3), 288–310. https://doi.org/10.1080/10462930310001635321
Weisberg, RW (2015). Tentang kegunaan "nilai" dalam definisi kreativitas. Jurnal Penelitian Kreativitas, 27(2), 111–124. https://doi.org/10.1080/10400419.2015.1030320
Weiss, B.-Z. (2002). Acara Radio Anti-Rasisme: Langkah-langkah menuju ekologi budaya. Penelitian dalam Pendidikan Drama: Jurnal Teater dan Pertunjukan Terapan, 7(2), 221–233. https://doi.org/10.1080/1356978022000007992
Muda, J., & Friedrich, P. (2019). Memetakan Batas Moral Lanka: Representasi Perbedaan Sosial-Politik di Rajavaliya Rahwana. Asia Selatan: Jurnal Studi Asia Selatan, 42(4), 768–780. https://doi.org/10.1080/00856401.2019.1633114