ANALISIS NILAI MORAL DALAM LAGU-LAGU TRADISIONAL BANYUWANGI

Main Article Content

Chandra Ayu Proborini
Luri Santika Ratri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral yang ada dalam lagu-lagu tradisional Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah beberapa lagu tradisional Banyuwangi, antara lain adalah; Donge Mekar, Kembang Pethetan, dan Kembang Galengan dengan objek penelitian yaitu kandungan nilai-nilai moral dalam lagu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa nilai moral yang terkandung dalam lagu-lagu tradisional Banyuwangi, yaitu nilai moral dalam hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan dirinya sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain, dan hubungan manusia dengan lingkungan.

Article Details

How to Cite
Proborini, C., & Ratri, L. S. . (2023). ANALISIS NILAI MORAL DALAM LAGU-LAGU TRADISIONAL BANYUWANGI. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.26740/geter.v6n2.p1-9
Section
Articles

References

Gulo, S. U. 2011. Analisis Unsur Intrinsik dalam Novel “Reuni Cinta Masa SMU” Karya Maria Cecilia. Skripsi. IKIP Gunungsitoli.

Nurgiantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Partiwintaro, dkk. 1992. Pengkajian Nilai-nilai Luhur Budaya Spiritual Bangsa Daerah Jawa Timur. Jakarta: Depdikbud

Qoyyimah, D. N., dan F. Suparman. 2020. Analisis Nilai Moral Novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye. BAHASTRA. 5(1): 69 – 74.

Sahrani, R., Hastuti, R., dan Dharma, A.S. 2020. Psikoedukasi Kebijaksanaan (Wisdom) untuk Meningkatkan Pengetahuan Pemecahan Masalah pada Siswa Sekolah Rakyat Ancol (SRA). Panjar. 2(2): 29 – 34.

Suramaha, S. 2008. Nilai-nilai Moral dalam Roman “Neraka Dunia” Karya Nur Sutan Iskandar dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Skripsi. IKIP Gunungsitoli.

Wahid, A. N., dan Saddhono, K. 2017. Ajaran Moral dalam Lirik Lagu Dolanan Anak. MUDRA. 32(2): 172 – 177.

Zai, K., K. E. Williyansen, L. Yen, dan I.

K. Daulay. 2022. Nilai Moral dalam Lagu Tradisional Nias “Ba Wekoligu” Karya Faons Gea. BIP. 4(1): 145 – 151.

Zulfardi. 2020. Wujud Nilai Moral dalam Novel Amira: Cinta Dari Tanah Surga Karya Suliwe. Jurnal Pendidikan Rokania. 5(2): 283 –297.