REKONSTRUKSI SENI PERTUNJUKAN GENDRUWON AYON-AYON DESA MULYOAGUNG KECAMATAN SINGGAHAN Rekonstruksi

Main Article Content

Rama Suluh Mustofa
Eko

Abstract

Gendruwon Ayon-Ayon adalah seni pertunjukan (seni rakyat) yang disajikan dalam acara tertentu seperti hiburan dan hajatan di dalamnya mengandung unsur seni musik, tari dan teater. Cikal-bakal kesenian tersebut berasal dari Mbah Kerto Jais. Setelah meninggal, beliau digantikan oleh Bapak Hartoyo selaku keturunan dan pimpinan kelompok Simo Ludro. Tujuan penciptaannya yaitu sebagai salah satu bentuk ritual tolak bala. Masyarakat setempat masih meyakini seni rakyat sebagai budaya yang kental spiritual. Kondisi Gendruwon Ayon-Ayon saat ini dinilai sudah tidak menarik, sehingga membuat eksistensinya terancam. Ditinjau dari tekstualnya, unsur gerak dan musik dalam pertunjukannya belum memunculkan estetikanya. Hal tersebut yang membuat peneliti tertarik untuk merekonstruksi Gendruwon Ayon-Ayon kelompok Simo Ludro Desa Mulyoagung dengan landasan teori bentuk dan pengembangan.


Metode atau pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif guna mendeskripsikan secara detail bentuk dan pengembangan pertunjukan yang dilakukan dalam serangkaian proses rekonstruksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan melalui pengembangan gerak tari dan musikalitas dapat membuat pertunjukan lebih bernilai estetis, selain itu mengembangkan unsur ritual (trance) dapat meningkatkan minat masyarakat setempat untuk mengapresiasi dan melestarikannya. Hal itu dikarenakan nilai yang terkandung dalam Gendruwon Ayon-Ayon Kelompok Simo Ludro Desa Mulyoagung relevan seiring perkembangan zaman.

Article Details

How to Cite
Mustofa, R. S., & Hardoyo, E. . (2023). REKONSTRUKSI SENI PERTUNJUKAN GENDRUWON AYON-AYON DESA MULYOAGUNG KECAMATAN SINGGAHAN: Rekonstruksi. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 6(1), 64–73. https://doi.org/10.26740/geter.v6n1.p64-73
Section
Articles

References

Dewi, E. T. (2021). Makna Simbolik Pertunjukan Thak-Thakan di Desa Kluthuk Kecamatan Tambakboyo Kabupaten Tuban. Journal.Unesa.Ac.Id, 9(2), 1–19.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.

Hasbullah, H., Toyo, T., & Awang Pawi, A. A. (2017). Ritual Tolak Bala Pada Masyarakat Melayu (Kajian Pada Masyarakat Petalangan Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan). Jurnal Ushuluddin, 25(1), 83.

Mukarromah, R. I., & Puspito, P. (2021). Makna Simbolik dan Nilai-Nilai Moral Kesenian Sandur di Desa Sukorejo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. APRON: Jurnal Pemikiran Seni Pertunjukan, 2(1), 1–20.

Muslim. (2016). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Wahana, 1(10), 77–85.

Nugroho, O. C., & Sungkowo, H. P. (2016). Budaya Populer Dalam Pertunjukkan Reyog Obyogan. Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian 2016: Bidang Agama Islam, Budaya, Ekonomi, Sosial Humaniora, Teknologi, Kesehatan, Dan Pendidikan, 1689–1699.

Rianta, I. M., Santosa, H., & Sariada, I. K. (2019). Estetika Gerak Tari Rejang Sakral Lanang Di Desa Mayong, Seririt, Buleleng, Bali. Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(3), 285–393. https://doi.org/10.31091/mudra.v34i3.678

Setyawan, A. D. (2017). Karawitan Jawa Sebagai Media Belajar Dan Media Komuikasi Sosial. Jurnal Pendidikan, 3, 78–82.

Suardi, R. (2018). Musik Tari Rentak Buliandi Sanggar Kamboja SMPN 1 Rengat Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau (Analisis Unsur Melodi). Virtuoso: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Musik, 1(1), 1. https://doi.org/10.26740/vt.v1n1.p1-7

Sudiono, E. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berasarkan Analisis Newman. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 295–302. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1282

Suryandoko, W. (2019). Bentuk Pertunjukan Seni Gemblak Dor di Lamongan. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(2), 164–186. https://doi.org/10.30651/st.v12i2.2596

Wiedyana, E., & Prihatini, N. S. (2018). Eksistensi Pertunjukan Can Macanan Kaddu’ Paguyuban Bintang Timur Di Kabupaten Jember. Greget: Jurnal Pengetahuan Dan Penciptaan Tari, 17(1), 56–70.

Wikipedia. (2023). Genderuwo.

Winarko, J. (2022). Rekonstruksi Gending Kalongan Laras Slendro Pathet Wolu Dalam Sajian Tari Klana Wayang Topeng Jati Duwur. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 4(2), 78–91.