ANALISIS STRUKTUR RUANG TARI PAGEBLUG BOMA DI SANGGAR SASTRA MATAYA SUNGAI PINANG BANYUASIN

Authors

  • Rio Eka Putra Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Universitas PGRI Palembang
  • Nita Maelatul Hasanah Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Universitas PGRI Palembang

Keywords:

Tari Pageblug Boma, Struktur Ruang Tari, Pandemi Covid-19

Abstract

Tari Pageblug Boma adalah tarian yang bersumber gagasan/ide/tema berdasarkan situasi pandemi. Menceritakan tentang kesedihan serta kesusahan dalam kehidupan manusia pada saat Covid-19 yang menyebar diseluruh penjuru dunia, sehingga seluruh aktivitas manusia semuanya dihentikan dan beralih pada sistem online demi terjalannya suatu progam kegiatan. Karya tari ini divisualkan  oleh tiga penari, dua penari perempuan dan satu penari laki-laki dengan memadukan seni lukis didalam karya tari tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data melalui informan penelitian, buku, jurnal, penelitian terdahulu, dan artikel internet. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Karya tari ini terbentuk melalui proses menggunakan salah satunya adalah aspek struktur keruangan dengan hasil penyajian konsep ruang yang berbeda. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Tari Pageblug Boma diketahui memiliki berbagai aspek yang terdapat di setiap ragam geraknya yaitu aspek ruang positif-negatif, level, pola lantai, arah dan dimensi. Ruang positif-negatif terdapat diseluruh ragam geraknya, pada tari Pageblug Boma hanya memiliki tiga level yaitu level rendah, sedang dan tinggi. Pola lantai yang digunakan yaitu segitiga, diagonal kanan belakang, lingkaran, vertikal, dan diagonal kanan depan. Bentuk arah hadap dalam geraknya yaitu arah depan, arah belakang, arah samping kanan, arah samping kiri dan arah hadap serong kanan. Dimensi pada tarian ini yaitu ketinggian, kelebaran, dan kedalaman.

References

Alkaf, M. (2012). Tari Sebagai Gejala Budaya : Studi Tentang Eksistensi Tari Rakyat Di Boyolali. Komunitas , 132.

Hadi, Y. S. (2007). Kajian Tari Teks Dan Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Hadi, Y. S. (2012). Koreografi Bentuk-Teknik-Isi. Yogyakarta: Cipta Media.

Hidajat, R. (2017). Kreativitas Koreografi. Malang: Surya Pena Gemilang.

Martono, H. (2012). Panggung Pertunjukan dan Berkesenian . Yogyakarta: Multi Grafindo.

Rochayati, R. (2020). Situasin Pandemi Covid-19 Dalam Perancangan Karya Tari Pageblug Boma. In H. S. Ahimsa-Putra, Bunga Rampai Kajian Seni Budaya Ragam Perspektif (pp. 269-280). Surabaya: Unesa University Press.

Rochayati, R. (2020). Tari Kipas Chandani : Gerak, Ruang, Dan Waktu. Geter , 19.

Rohidi, T. R. (2011). Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara Semarang.

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Tetty Rachmi, d. (2019). Keterampilan Musik dan Tari. Tangerang Selatan: CV. Gerina Prima.

Widyarti, A. (2022, April 2). Arti Pageblug Boma. (N. M. Hasanah, Interviewer)

Widyarti, A. (2022, April 2). Struktur Ruang Tari. (N. M. Hasanah, Interviewer)

Alkaf, M. (2012). Tari Sebagai Gejala Budaya : Studi Tentang Eksistensi Tari Rakyat Di Boyolali. Komunitas , 132.

Hadi, Y. S. (2007). Kajian Tari Teks Dan Konteks. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Hadi, Y. S. (2012). Koreografi Bentuk-Teknik-Isi. Yogyakarta: Cipta Media.

Hidajat, R. (2017). Kreativitas Koreografi. Malang: Surya Pena Gemilang.

Martono, H. (2012). Panggung Pertunjukan dan Berkesenian . Yogyakarta: Multi Grafindo.

Rochayati, R. (2020). Situasin Pandemi Covid-19 Dalam Perancangan Karya Tari Pageblug Boma. In H. S. Ahimsa-Putra, Bunga Rampai Kajian Seni Budaya Ragam Perspektif (pp. 269-280). Surabaya: Unesa University Press.

Rochayati, R. (2020). Tari Kipas Chandani : Gerak, Ruang, Dan Waktu. Geter , 19.

Rohidi, T. R. (2011). Metodologi Penelitian Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara Semarang.

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Tetty Rachmi, d. (2019). Keterampilan Musik dan Tari. Tangerang Selatan: CV. Gerina Prima.

Widyarti, A. (2022, April 2). Arti Pageblug Boma. (N. M. Hasanah, Interviewer)

Widyarti, A. (2022, April 2). Struktur Ruang Tari. (N. M. Hasanah, Interviewer)

Widyastutieningrum, S. R., & Wahyudiarto, D. (2014). Pengantar Koreografi. Surakarta: ISI Press Surakarta.

Published

2022-05-01

How to Cite

Eka Putra, R. ., & Hasanah, N. M. . (2022). ANALISIS STRUKTUR RUANG TARI PAGEBLUG BOMA DI SANGGAR SASTRA MATAYA SUNGAI PINANG BANYUASIN. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 5(1), 1–17. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/geter/article/view/17085

Issue

Section

Articles
Abstract View: 89