PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) MELALUI PENCIPTAAN KARYA SENI TARI GULMA PENIDA PADA KURIKULUM MERDEKA

Main Article Content

Sudibya I Gusti Ngurah
Arshiniwati Ni Made
Sustiawati Ni Luh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan referensi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui penciptaan karya seni Tari Gulma Penida pada sekolah yang menyelenggarakan program pendidikan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan mengkaji berbagai sumber untuk memperoleh makna yang mendalam untuk menjawab suatu permasalahan terkini. Hasil penelitian ini menemukan bahwa proses penciptaan karya seni Tari Gulma Penida melalui metode penciptaan Alma Hawkins dengan tahap (1) eksplorasi, (2) improvisasi, serta (3) pembentukan, ini dapat digunakan guru sebagai sumber belajar untuk memfasilitasi, membimbing, maupun memotivasi proyek penciptaan karya seni Tari Nusantara peserta didik. Proses penciptaan Tari Gulma Penida dalam mengeksplorasi kearifan lokal masyarakat Nusa Penida sesuai dengan tema Kearifan Lokal pada Kurikulum Merdeka. Kearifan lokal tersebut merupakan kebiasaan masyarakat dalam budidaya rumput laut serta teknik tenun kain rangrang sebagai kerajinan yang diwariskan secara turun temurun. Tari Gulma Penida mengungkap kemampuan masyarakat Nusa Penida dalam meningkatkan nilai tanaman yang dianggap tidak bermanfaat atau gulma menjadi tanaman yang dapat memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Pemanfaatan proses penciptaan Tari Gulma Penida sebagai sumber belajar projek penciptaan karya seni Tari Nusantara dapat mengembangkan Profil Pelajar Pancasila pada enam dimensi yakni (1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; (2) Berkebinekaan global; (3) Bergotong-royong; (4) Mandiri; (5) Bernalar kritis; serta (6) Kreatif.

Article Details

How to Cite
I Gusti Ngurah, S., Ni Made , A., & Ni Luh , S. (2022). PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) MELALUI PENCIPTAAN KARYA SENI TARI GULMA PENIDA PADA KURIKULUM MERDEKA . GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 5(2), 25–38. https://doi.org/10.26740/geter.v5n2.p25-38
Section
Articles

References

Arshiniwati, N M., Mudra, I W., Sustiawati, N L. 2021. Budidaya Rumput Laut dan Kain Rangrang dalam Penciptaan Karya Tari Pesisir Nusa Penida. Laporan Penelitian Badan Riset Inovasi Nasional.

Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. In Gramedia Widiasarana Indonesia (Vol. 1999, Issue December).

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161.

Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–50.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Nurwardani, P., Saksama, H. Y., Kuswanjono, A., Munir, M., Mustansyir, R., Nurdin, E. S., Mulyono, E., Prawatyani, S. J., Anwar, A. A., Evawany, Priyautama, F., & Festanto, A. (2016). Pendidikan Pancaila untuk Perguruan Tingi (Cetakan 1). Kemeterian Riset, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Oktavia, F., & Brata, D. P. N. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Sikap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas Xi Di Smkn 1 Trowulan. In Prosiding Conference on Research and Community Services. core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Tracey Yani Harjatanaya. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Silalahi, M. L. (2018). Pengembangan Kreatifitas Dan Inovasi Penciptaan Karya Tari Dengan Metode Laboratorium Tari (Studi Kasus: Yayasan Seni Duta Santarina Batam). Imaji, 15(2), 189–196. https://doi.org/10.21831/imaji.v15i2.16029

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung Alfabeta.

Syamsudin, M., Muntoha, Parmono, K., Akhwan, M., & Rohitudin, B. (2009). Pendidikan Pancasila “Menempatkan Pancasila dalam Konteks Keislaman dan Keindonesiaan.” Kreasi Total Media.