TARI REMO MUNALI FATAH SEBAGAI SUMBER KONSERVASI (PENGEMBANGAN) TARI REMO GAYA SURABAYAN

Main Article Content

Retnayu Prasetyanti Sekti

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada objek tari Remo Munali Fatah, yaitu tari Remo gaya Surabayan yang menjadi sumber dari konservasi tari Remo gaya Surabayan di Surabaya. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1. Menganalisis tari Remo Munali Fatah sebagai rujukan sumber konservasi tari Remo gaya Surabayan. 2. Mendeskripsikan garap gerak penyajian tari Remo Munali Fatah sebagai sumber tari Remo bentuk lepas gaya Surabayan. Teori dan konsep merujuk pada tari Remo, manusia modern, tradisi dan inovasi. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, studi dokumen (dokumentasi), dan perekaman. Lokasi penelitian di Surabaya dan sekitarnya. Analisis data menggunakan tahapan: reduksi data, penyajian data, simpulan Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber, metode dan waktu. Hasil penelitian adalah tari Remo Munali Fatah telah dikenal dan tersebar di masyarakat Surabaya. Selain karena Munali Fatah sebagai pangreman ludruk yang terampil dan handal, terdapat peran insitusi RRI Surabaya yang ikut mempublikasikan tari Remo tersebut di masyarakat. Garap gerak penyajian tari Remo Munali Fatah mempunyai cirikhas, yaitu terdapat struktur gerak yang meliputi 3 kelompok gerak (budhalan, inti, ulihan), falsafah konsep ngelana, yaitu sebagai perjalanan hidup manusia, penjiwaan gerak tari tenang, tegas, dan berwibawa. Cirikhas tersebut yang masih dirujuk dalam konservasi tari Remo gaya Surabayan di masa kini. Kata kunci: tari Remo Munali Fatah, konservasi, gaya Surabayan

Article Details

How to Cite
Sekti, R. P. . (2022). TARI REMO MUNALI FATAH SEBAGAI SUMBER KONSERVASI (PENGEMBANGAN) TARI REMO GAYA SURABAYAN. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 5(2), 77–89. https://doi.org/10.26740/geter.v5n2.p77-89
Section
Articles
Author Biography

Retnayu Prasetyanti Sekti, Jurusan Sendratasik, FBS Unesa, Suarabaya, 60286, Indonesia

dosen

References

Hadi, Y. Sumandyo. 2014. Koreografi Bentuk

– Teknik - Isi. Cipta Media.

Yogyakarta.

Inkeles, Alex. 1994. Modernisasi Manusia

dalam Modernisasi Dinamika

Pertumbuhan. Editor: Myron Weiner.

Yogyakarta. Gadjah Mada University

Press

Murgiyanto, Sal. 2004. Tradisi dan Inovasi

Beberapa Masalah Tari di Indonesia.

Jakarta. Wedatama Widya Sastra.

Nurcahyo, Henri. 2011. Munali Patah.

Pahlawan Seni dari Sidoarjo.

Sidoarjo. Dewan Kesenian Sidoarjo.

Shils, Edward. 1981. Tradition. Chicago.The

University Of Chicago.

Suhanadji-Waspodo TS.2004. Modernisasi

dan Globalisasi Studi

Pembangunan dalam Perspektif

Global. Surabaya. Insan cendekia.

Supriyanto, Henri. 1992. Lakon Ludruk Jawa

Timur. Jakarta. Gramedia Widia

Sarana Indonesia.

----------------------- 2018. Lakon Ludruk Jawa

Timur Dalam Pusaran Zaman.

Malang. Beranda

https://journal.unesa.ac.id/index.php/geter/index

ONLINE ISSN: 2655-2205

Vol. 5 No.2, 2022

Page 77--89

Published by Jurusan Sendratasik FBS Unesa Retnayu Prasetyanti Sekti

Wahyudiyanto. 2020. Tari Ngrema, Sejarah,

Teknik, Kinestetik dan Bentuk

Estetik. Surabaya. Revka Prima

Media.

Wibisono, Tribroto. 1982. Ngremo. Proyek

Pengembangan Kesenian Jawa

Timur.

Surabaya.

----------------------. 1989. Antologi Surabaya

Menari. Dewan Kesenian Surabaya.

Surabaya.

----------------------. 2014. ”Pendekatan Teknik

Tari Ngremo”. forum workshop tari

Ngremo di STKW Surabaya 8 Juli

----------------------. 2015. Tari Ngremo

Catatan Dari Panggung Ke

Panggung.

Dewan Kesenian Propinsi Jawa

Timur. Surabaya.