TARI REMO MUNALI FATAH SEBAGAI SUMBER KONSERVASI (PENGEMBANGAN) TARI REMO GAYA SURABAYAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini memfokuskan pada objek tari Remo Munali Fatah, yaitu tari Remo gaya Surabayan yang menjadi sumber dari konservasi tari Remo gaya Surabayan di Surabaya. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1. Menganalisis tari Remo Munali Fatah sebagai rujukan sumber konservasi tari Remo gaya Surabayan. 2. Mendeskripsikan garap gerak penyajian tari Remo Munali Fatah sebagai sumber tari Remo bentuk lepas gaya Surabayan. Teori dan konsep merujuk pada tari Remo, manusia modern, tradisi dan inovasi. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, studi dokumen (dokumentasi), dan perekaman. Lokasi penelitian di Surabaya dan sekitarnya. Analisis data menggunakan tahapan: reduksi data, penyajian data, simpulan Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber, metode dan waktu. Hasil penelitian adalah tari Remo Munali Fatah telah dikenal dan tersebar di masyarakat Surabaya. Selain karena Munali Fatah sebagai pangreman ludruk yang terampil dan handal, terdapat peran insitusi RRI Surabaya yang ikut mempublikasikan tari Remo tersebut di masyarakat. Garap gerak penyajian tari Remo Munali Fatah mempunyai cirikhas, yaitu terdapat struktur gerak yang meliputi 3 kelompok gerak (budhalan, inti, ulihan), falsafah konsep ngelana, yaitu sebagai perjalanan hidup manusia, penjiwaan gerak tari tenang, tegas, dan berwibawa. Cirikhas tersebut yang masih dirujuk dalam konservasi tari Remo gaya Surabayan di masa kini.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
kepemilikan artikel milik AutorReferensi
Hadi, Y. Sumandyo. 2014. Koreografi Bentuk
Yogyakarta.
Inkeles, Alex. 1994. Modernisasi Manusia
dalam Modernisasi Dinamika
Pertumbuhan. Editor: Myron Weiner.
Yogyakarta. Gadjah Mada University
Press
Murgiyanto, Sal. 2004. Tradisi dan Inovasi
Beberapa Masalah Tari di Indonesia.
Jakarta. Wedatama Widya Sastra.
Nurcahyo, Henri. 2011. Munali Patah.
Pahlawan Seni dari Sidoarjo.
Sidoarjo. Dewan Kesenian Sidoarjo.
Shils, Edward. 1981. Tradition. Chicago.The
University Of Chicago.
Suhanadji-Waspodo TS.2004. Modernisasi
dan Globalisasi Studi
Pembangunan dalam Perspektif
Global. Surabaya. Insan cendekia.
Supriyanto, Henri. 1992. Lakon Ludruk Jawa
Timur. Jakarta. Gramedia Widia
Sarana Indonesia.
----------------------- 2018. Lakon Ludruk Jawa
Timur Dalam Pusaran Zaman.
Malang. Beranda
https://journal.unesa.ac.id/index.php/geter/index
ONLINE ISSN: 2655-2205
Vol. 5 No.2, 2022
Page 77--89
Published by Jurusan Sendratasik FBS Unesa Retnayu Prasetyanti Sekti
Wahyudiyanto. 2020. Tari Ngrema, Sejarah,
Teknik, Kinestetik dan Bentuk
Estetik. Surabaya. Revka Prima
Media.
Wibisono, Tribroto. 1982. Ngremo. Proyek
Pengembangan Kesenian Jawa
Timur.
Surabaya.
----------------------. 1989. Antologi Surabaya
Menari. Dewan Kesenian Surabaya.
Surabaya.
Ngremo di STKW Surabaya 8 Juli
----------------------. 2015. Tari Ngremo
Catatan Dari Panggung Ke
Panggung.
Dewan Kesenian Propinsi Jawa
Timur. Surabaya.