ANALISIS MATA KULIAH PRAKTIK SAAT PEMBELAJARAN DARING

Main Article Content

Fitri Daryanti
Nabila Kurnia Adzan
Goesthy Ayu M.D.L

Abstract

Di masa pandemi covid 19, seluruh lembaga pendidikan menerapkan sistem pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pembelajaran daring pada mata kuliah praktik dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Sumber data dalam penelitian berupa dokumen perkuliahan praktik, metode dan strategi pembelajaran praktik, media dan produk pembelajaran, sarana-prasarana pembelajaran daring, hasil pengamatan serta wawancara terhadap para responden, yaitu mahasiswa program studi pendidikan tari FKIP Unila, dosen pengampu mata kuliah (evaluator internal), dan rekan sejawat (evaluator eksternal). Hasil penelitian mengidentifikasikan bahwa pembelajaran melalui sistem daring sulit diterapkan pada mata kuliah praktik, terutama pada praktik tari. Pelaksanaan pembelajaran menujukan hasil yang kurang maksimal, dilihat dari aspek konteks-input-proses-produk. Hasil evaluasi kontek menunjukan bahwa pada aspek perencanaan pembelajaran pengampu mata kuliah (peer grup) meskipun telah berkoordinasi untuk menentukan materi dan metode yang tepat melalui LMS. Namun, tidak sepenuhnya dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Evaluasi input menunjukkan permasalahan pada sarana dan prasarana yang didukung oleh jaringan internet serta gawai yang digunakan belum sepenuhnya support dengan sistem yang digunakan. Evaluasi proses menunjukan bahwa video yang digunakan tidak jelas dan memiliki keterbatasan pada sudut pandang yang lain, dosen dan mahasiswa belum semuanya menguasai sistem yang digunakan dengan baik. Evaluasi produk menunjukan bahwa rata-rata nilai yang diperoleh mahasiswa berkategori cukup dan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring secara sinkronous dan asinkronous tidak dapat diterapkan di semua jenis mata kuliah praktik, diperlukan perkuliahan dengan sistem blended.

Article Details

How to Cite
Daryanti, F., Adzan, N. K. ., & Ayu M.D.L, G. . (2023). ANALISIS MATA KULIAH PRAKTIK SAAT PEMBELAJARAN DARING . GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 6(1), 17–32. https://doi.org/10.26740/geter.v6n1.p17-32
Section
Articles

References

Ghavifekr, S., Athirah, W., Rosdy, W., & Teaching, W. A. W. (2015). Teaching and Learning with Technology : Effectiveness of ICT Integration in Schools Teaching and Learning with Technology : Effectiveness of ICT Integration in Schools.

Gradwohl, A. K. (2018). Perceptions of Technology in Dance Education : the Effect of Technology on Student Learning and Teaching Strategies of the Twenty-First Century Skills in Dance Education.

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan, 6(1).

Nanda, S., & Warms, R. (2010). Cultural anthropology. Nelson Education.

Ratnawulan, E., & Rusdiana, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Pustaka Setia, Bandung.

Rusdiana, A. (2017). ebook Manajemen Evaluasi Pendidikan.pdf. Pustaka Setia, Bandung.

Suharsimi, A., & Cepi, S. A. J. (2018). buku evaluasi program.pdf. Bumi Aksara.

Widoyoko, S. E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran.

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.