KEKUATAN MATA KULIAH BARU ANTROPOLOGI PENDIDIKAN SENI BUDAYA DALAM MEMBERDAYAKAN MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN KREATIF

Authors

  • Djuli Djatiprambudi Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya
  • Autar Abdillah Jurusan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya
  • Yoyok Yermiandoko Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Di era disrupsi, pengenalan mata kuliah baru sangatlah terbuka untuk mengejar hasil yang lebih baik. Artikel ini memaparkan kekuatan Antropologi Pendidikan Seni Budaya sebagai mata kuliah baru dalam memicu pembelajaran kreatif. Mata pelajaran ini dipengaruhi oleh kontaknya dengan ilmu-ilmu sosial dan perubahan pandangan masyarakat tentang belajar. Penelitian ini mencoba untuk mengungkap (1) Bagaimana mata pelajaran baru ini diterapkan untuk memicu pembelajaran kreatif? dan (2) Bagaimana mata pelajaran baru ini mendapat pengaruh dari ilmu-ilmu sosial, sehingga mengubah pandangan orang tentang pembelajaran kreatif? Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif longitudinal selama tiga tahun, 2018-2021. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pascasarjana Jurusan Pendidikan Seni Budaya Universitas Negeri Surabaya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas secara tatap mulai pada 2018-2019 dan pertemuan online saat pandemi pada 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan mata kuliah baru Pendidikan Seni Budaya Antropologi membawa tren yang cukup menjanjikan. Mata kuliah ini menjadi ajang eksplorasi dan curah pendapat dalam kajian interdisipliner. Selanjutnya dalam ilmu-ilmu sosial, Sosiologi, misalnya, mata kuliah ini memiliki pengaruh dalam mengubah pandangan masyarakat melalui pembelajaran kreatif.

Author Biographies

Djuli Djatiprambudi, Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

dosen

Autar Abdillah, Jurusan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya

dosen

Yoyok Yermiandoko, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

dosen

References

Baker., Brenda J., and Takeyuki Tsuda (edts), 2015, Migration and Disruptions Toward a Unifying Theory of Ancient and Contemporary Migrations, Florida: University Press of Florida.

Christensen., Clayton M., Michael B. Horn and Curtis W. Johnson, 2008, Disrupting Class: How Disruptive Innovation Will Change the Way the World Learns, New York: McGraw Hill.

Cochrane., Scott , 2016, Your Creative Mind Disrupt Your Thinking, Abandon Your Comfort Zone, And Develop Bold New Strategies, Nashville: The Career Press, Inc.

Collins., Bryan , 2018, The Power Of Creativity Learning How To Build Lasting Habits, Face Your Fears And Change Your Life (Book 1), Becomeawritertoday.com

Couros., George, 2015, The Innovator’s Mindset: Empower Learning Unleash Talent and Lead a Culture of Creativity, San Diego: Dave Burgess Consulting, Inc.

Cummings., Jill B. and Mary L. Blatherwick, 2017, Creative Dimensions of Teaching and Learning in the 21st Century, Rotterdam: Sense Publishers.

Dyer., Jeff, Hal Gregersen and Clayton M. Christensen, 2011, The Innovator’s DNA Mastering The Five Skills Of Disruptive Innovators, Boston: Harvard Business Review Press.

Furr., Nathan and Jeff Dyer, 2014, The Innovator’s Method: Bringing The Lean Start Up inti Your Organization, Harvard: Harvard Universit Press.

Horn., Michael B., and Heather Staker, 2015, Using Disruptive Innovation to Improve Schools, San Fransisco: Jossey-Bass.

Justice., Julie Ellison and F. Blake Tenore (eds.), 2018, Becoming Critical Teacher Educators: Narratives of Disruption, Possibility, and Praxis, New York: Routledge.

Lewis., Tyson E. and Megan J. Laverty (eds.), 2015, Art’s Teachings, Teaching’s Art: Philosophical, Critical and Educational Musings, Dordrecht: Springer

Martínez., Natalie A., 2014, “Towards a Disruptive Theory of the Affectual: Queer Hemispheric Theories of Affect and Corporeality in the Americas”, Dissertation, Arizona: Arizona State University.

Robinson., Ken and Lou Aronica, 2015, Creative Schools: The Grassroots Revolution That’s Transforming Education, New York: Viking.

Robinson., Sir Ken, 2011, Out of Our Mind: Learning to be Creative, West Saussex: Capstone.

Samit., Jay, 2015, Disrupt You! Master Personal Transformation, Seize Opportuninity, and Thrive in the era of Endless Innovation, New York: Flatiron Books.

Tolan., Patrick H. and Bennett L. Leventhal (eds.), 2013, Disruptive Behavior Disorders, New York: Springer.

Published

2022-06-05

How to Cite

Djuli Djatiprambudi, Autar Abdillah, & Yoyok Yermiandoko. (2022). KEKUATAN MATA KULIAH BARU ANTROPOLOGI PENDIDIKAN SENI BUDAYA DALAM MEMBERDAYAKAN MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN KREATIF. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 5(1), 88–94. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/geter/article/view/17750

Issue

Section

Articles
Abstract View: 95